Breaking News:

Berita Kudus

14 Desa Terpilih di Kudus Dapat Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Bumdes

Sedikitnya 14 desa terpilih mengikuti Pelatihan Dasar Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Wisma Karyawan Djarum Kudus, Sabtu (13/11/2021).

Penulis: raka f pujangga | Editor: m nur huda
Dok. Diskominfo Kudus
Bupati Kudus, HM Hartopo bersama Vice President Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto membuka Pelatihan Dasar Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Wisma Karyawan Djarum Kudus, Sabtu (13/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sedikitnya 14 desa terpilih mengikuti Pelatihan Dasar Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Wisma Karyawan Djarum Kudus, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan itu merupakan kerja sama Pemkab Kudus bersama Djarum Foundation dan Lokadata.

Bupati Kudus, HM Hartopo membuka pelatihan yang didampingi Vice President Director Bakti Sosial Djarum Foundation, CEO Lokadata dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), serta Camat.  

Bupati Kudus mengatakan, Bumdes merupakan usaha yang dikelola pemerintah desa yang bermanfaat sebagai penggerak ekonomi masyarakat.

Setiap pengelolaan badan usaha akan maksimal apabila kualitas manajemen SDM ditingkatkan. 

Untuk itu, maka pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan merupakan pertama kali di Indonesia.  

"Pendirian dan pengelolaan Bumdes dapat optimal jika dikelola manajemen yang profesional. Tinggal bagaimana menyiapkan sumber daya manusia manajerial dan juga rencana-rencana yang akan diterapkan dalam Bumdes. Terima kasih kepada Djarum Foundation yang selalu berkontribusi untuk kemajuan Kabupaten Kudus," ujarnya.

Bupati meminta beberapa hal yang wajib diperhatikan peserta yang diikuti sebanyak 14 desa terpilih.

Pengalaman Hartopo dalam dunia usaha, apapun perlu manajemen yang baik mulai ketersediaan bahan, produksi dan market atau strategi pemasaran.

Jika ketiga hal tersebut dapat dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin nantinya satu Bumdes di Kudus akan viral bahkan menjadi raw model di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved