Breaking News:

Guru Berkarya

Blended Learning Mempermudah Pembelajaran Prosedur Rapat dan Interviu

Pandemi Covid-19 yang terjadi secara masif diseluruh penjuru dunia termasuk indonesia memberikan dampak yang hebat.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Pudji Astuti SPd MPd, Guru SMKN 1 Pemalang  

Oleh: Pudji Astuti SPd MPd, Guru SMKN 1 Pemalang 

PANDEMI Covid-19 yang terjadi secara global memberikan dampak yang hebat. Semua lapisan masyarakat turut merasakan akibat yang ditimbulkan oleh merebaknya pandemi termasuk bidang pendidikan.

Pemerintah turun tangan dengan memberikan kebijakan pada bidang pendidikan terutama pada proses pembelajaran. rekomendasi muncul dan menjelaskan bahwa pembelajaran harus dilaksanakan secara jarak jauh (PJJ) dan dalam jaringan (daring). Siswa juga harus melaksanakan proses pembelajaran dari rumah atau disebut sebagai Belajar Dari Rumah (BDR).

Penerapan PJJ dan BDR tidak terhindarkan dari berbagai permasalahan yang muncul termasuk dari orang tua siswa. Keluhan dari orang tua dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran daring berupa penugasan yang berat, metode pembelajaran yang kaku, dan menghabiskan banyak kuota internet.

Guru juga mengeluhkan PJJ dan daring, karena beberapa guru tidak menguasai teknologi sehingga materi pembelajaran tidak tersampaikan secara maksimal seperti yang menimpa SMK Negeri 1 Pemalang Kabupaten Pemalang.  Jika pembelajaran daring masih dilaksanakan dengan cara yang sama, maka keluhan-keluhan tersebut akan terus muncul.

Akibatnya, siswa belajar dengan penuh tekanan dan hasil belajar tidak maksimal. Kegembiraan merupakan salah satu hal penting dalam pendidikan. Guru harus mempunyai kemampuan menawarkan dan menerapkan metode yang baik dan menyenangkan serta penuh kegembiraan.

Guru perlu memilih metode yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran termasuk menggunakan metode Blended Learning sebagai salah satu alternatif di tengah pandemi. Penerapan penulis menggunakan metode ini adalah penyampaian materi pembelajaran kelas sepuluh tentang prosedur rapat dan interviu.

Rusman dkk, (2011:242) menjelaskan bahwa blended learning adalah metode pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran yakni pembelajaran E- learning atau online dengan pembelajaran tatap muka (face to face). Pembelajaran dengan metode Blended Learning merupakan salah satu inovasi guru untuk memberikan pembelajaran kepada siswa.

Ada beberapa langkah yang dilakukan. Pertama, pembelajaran dilakukan melalui grup WA atau google classroom. Siswa diminta membaca modul untuk memahami konsep atau teori awal.

Kedua, melalui video pembelajaran. Penulis membuat rekaman video saat dia menjelaskan materi tentang prosedur rapat dan interviu. Melalui video pembelajaran, guru dapat menjelaskan dan memberikan contoh tentang rapat dan interviu.

Ketiga, pembelajaran melalui vicon. Pada pembelajaran ini, penulis dapat berkomunikasi dua arah dengan para siswa. Cara ini cukup efektif dibandingkan dengan dua cara sebelumnya karena materi bisa tersampaikan dengan lebih mendalam. Guru dan siswa bisa terjalin diskusi atau tanya jawab untuk membahas materi-matari yang belum bisa dipahami saat membaca modul maupun menyimak video.

Keempat, metode luring. Penulis berkeliling dengan mengumpulkan beberapa siswa dalam satu desa di salah satu rumah siswa. Luring tidak perlu banyak orang, dan tidak perlu dilaksanakan terlalu lama.

Kelebihan dari metode luring ini tidak sekadar tersampaikannya materi pengetahuan dan praktik saja. Secara psikologis anak juga menjadi senang, bisa bertemu dengan teman dan guru, bisa lebih akrab dan dapat pula saling memberikan motivasi secara terbuka. Walaupun intensitasnya terbatas di masa pandemi ini.

Keberhasilan dalam proses pembelajaran akan dapat mudah kita raih apabila guru dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan apapun yang guru ajarkan akan mudah diterima oleh siswa. Dengan metode Blended Learning ternyata dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hasil belajar siswa juga terpantau terjadi kenaikan yang sangat signifikan sesuai yang diharapkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved