Breaking News:

Guru Berkarya

Learning Management System Solusi Pembelajaran Di Masa Pandemi

Guru harus mengembangkan strategi dan sarana pembelajaran dengan lebih kreatif dan inovatif agar pembelajaran online berlangsung optimal.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sari Ekowati SPdSD, Guru SDN 01 Karyomukti Kec Kesesi Kab Pekalongan 

Oleh: Sari Ekowati SPdSD, Guru SDN 01 Karyomukti Kec Kesesi Kab Pekalongan

UPAYA pemerintah dalam pencegahan penularan Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia salah satunya sistem WFH (Work From Home) dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Semasa pandemi, pendidikan dilaksanakan dengan pembelajaran jarak jauh.

Pembelajaran di SDN 01 Karyomukti memanfaatkan sistem online agar peserta didik memperoleh ilmu meskipun tidak dapat berangkat ke sekolah. Dabbagh dan Ritland (2005) menjelaskan pembelajaran online adalah sistem belajar yang terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat pedagogi atau alat bantu pendidikan yang dimungkinkan melalui internet dan teknologi berbasis jaringan untuk memfasilitasi pembentukan proses belajar dan pengetahuan melalui aksi dan interaksi yang memiliki makna.

Pembelajaran online menjadi tantangan bagi guru agar mampu menyampaikan pembelajaran tanpa bertemu langsung dengan peserta didik. Guru harus mengembangkan strategi dan sarana pembelajaran dengan lebih kreatif dan inovatif agar pembelajaran online berlangsung optimal. Salah satu solusinya yaitu menggunakan Learning Management System sebagai sarana dan media pembelajaran online.

Learning Management System atau disingkat LMS adalah platform yang digunakan untuk mengirimkan, menyampaikan, dan mengatur pembelajaran secara online. LMS memudahkan guru dan peserta didik menjalani kegiatan pembelajaran berbasis online.

LMS didesain untuk membantu pengajar membuat dan membagikan tugas kepada peserta didik secara online. Selain itu, LMS juga mempunyai kemampuan untuk membuat salinan otomatis dari tugas yang sudah dibuat oleh peserta didik.

Guru dapat mengecek tugas peserta didik dan memberikan penilaian secara langsung. Manfaat LMS dalam pembelajaran adalah membuat kelas online dengan mudah, hemat waktu, mengorganisasi semua tugas dengan mudah, mengadakan komunikasi dan diskusi dengan cepat serta data akan aman.

Ada berbagai platform LMS yang dapat diakses sebagai media penyalur pembelajaran online, misalnya Sevima, Edmodo, Google clasroom, dan Schoologi. Setiap LMS memiliki fitur dengan kelebihan yang berbeda.

Dalam pembelajaran materi poster kelas VI SDN 01 Karyomukti, guru menggunakan LMS kenamaan dari Google yaitu Google classroom. Google classroom adalah salah satu LMS yang menyediakan tempat pembelajaran online seperti halnya ruang kelas, yang dapat memudahkan guru dalam memberikan informasi, membagikan materi pembelajaran serta melakukan penilaian. Dengan google classroom pembelajaran dapat tersampaikan secara maksimal kepada seluruh peserta didik secara online.

Guru membuat kelas pada google classroom menggunakan email google dan mengundang peserta didik untuk memasuki kelas yang sudah dibuat pada Google clasroom. Pembelajaran berlangsung dengan pemberian materi berupa video penjelasan bagian dan manfaat poster.

Guru juga membagikan gambar contoh poster pada Google classroom. Peserta didik dapat memberikan pertanyaan dan tanggapan pada kolom komentar, sehingga pembelajaran dapat berlangsung dua arah. Terdapat fitur kuis yang dapat diberikan agar peserta didik mampu berperan aktif dalam pembelajaran.

Evaluasi juga diberikan menggunakan fitur google form yang dapat dibagikan guru pada google classroom. Guru dapat membuat evaluasi berupa pilhan ganda maupun uraian, sehingga memudahkan guru untuk mengetahui sampai dimana pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan.

Penggunaan Learning Management System sangat efektif diterapkan pada pembelajaran online dalam masa pandemi. Peserta didik mampu memahami matei pembelajaran meskipun tidak bertemu langsung dengan guru, terbukti dengan hasil evaluasi peserta didik yang sangat baik. Oleh sebab itu, Learning Management System merupakan sebuah solusi yang dapat dimanfaatkan guru dalam memaksimalkan pembelajaran online. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved