Breaking News:

Guru Berkarya

Memanfaatkan Sim Card Mempermudah Menulis Teks Deskriptif

Pelaksanaan proses pembelajaran sangat membutuhkan sarana penunjang yang berguna mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran, alat peraga.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Noryantini SPd, Guru SMPN 2 Kaliangkrik Kab Magelang 

Oleh: Noryantini SPd, Guru SMPN 2 Kaliangkrik Kab Magelang

PELAKSANAAN proses pembelajaran sangat membutuhkan sarana penunjang yang berguna mempermudah guru menyampaikan materi pembelajaran salah satunya alat peraga. Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien (Sudjana, 2002 :59 ).

Alat peraga merupakan salah satu komponen penentu efektivitas belajar. Alat peraga mengubah materi ajar yang abstrak menjadi konkret dan realistik. Penyediaan perangkat alat peraga merupakan bagian dari pemenuhan kebutuhan siswa belajar sesuai  dengan tipe siswa belajar.

Pembelajaran menggunakan alat peraga berarti mengoptimalkan fungsi  seluruh pancaindra siswa untuk meningkatkan efektivitas siswa belajar dengan cara mendengar, melihat, meraba, dan menggunakan pikirannya secara logis dan realistis. Pelajaran tidak sekedar menerawang wilayah abstrak melainkan sebagai proses empirik yang konkrit yang realistik serta menjadi bagian dari hidup yang tidak mudah dilupakan.

Untuk memperlancar proses belajar mengajar sangat diperlukan media pembelajaran yang menunjang pemenuhan sarana dan prasarana. Pertimbangannya juga disesuaikan dengan KD Bahasa Inggris kelas 7 Semester Genap yaitu pada KD 4.6 menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait tingkah laku, tindakan, fungsi orang, binatang, dan benda, dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

Berdasarkan uraian tersebut di atas maka penulis membuat alat peraga bernama Sim Card yang merupakan akronim dari Synonym Card. Ide awal didasarkan pada sulitnya siswa menghafal kosakata meskipun sudah pernah dipelajari sebelumnya. Penulis menuangkan ide gagasannya dalam bentuk alat peraga. Alat peraga yang tentunya berbahan dasar murah dan sederhana tapi bisa diterima dan dipergunakan dengan mudah oleh siswa dan juga mudah dibawa.

Sim Card dirancang dan didesain untuk memudahkan peserta dalam menambah perbendaharan kata selain melalui kamus. Sim Card ini dibuat dengan bahan sederhana dan mudah didapat begitu juga teknik pembuatannya pun sangat mudah. Sim Card membuat peserta didik akan lebih mudah memahami dan bahkan menghafal kata-kata beserta sinonimnya.

Tujuan dari pembuatan alat peraga ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris Siswa, keterampilan menulis, yang selalu didasari oleh kosakata. Dengan menggunakan Synonym Card ini sekaligus dapat menambah perbendaharaan kosakata. Dalam Sim Card terdapat kurang lebih 500 kata sehingga diharapkan dengan Sim Card, siswa akan terbantu dalam pembelajarannya karena minimal sudah menguasai 500 kata beserta artinya.

Adapun cara penggunaan Sim Card adalah dengan menyiapkan Sim Card masing-masing. Siswa dipandu guru membacakan kata dimulai dengan urut abjad. Kemudian secara berpasangan guru meminta siswa unuk saling tanya jawab setelah terlebih dahulu menghafalkannya.

Guru membuat tagihan sampai semua sinonim selesai. Setelah selesai guru memberikan umpan balik hafalan berupa tugas menyusun kalimat dengan menggunakan kata-kata pada Sim card

Pembelajaran menggunakan Sim Card ini banyak manfaat yang dapat diperoleh. Manfaat tersebut di antaranya dapat meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan IT, mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan. Selain itu, pembelajaran memanfaatkan Sim Card dapat membangkitkan semangat dan motivasi belajar, menyediakan stimulus belajar serta mengaktifkan respon peserta didik agar terbiasa berpikir kritis, aktif dan kreatif. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved