Breaking News:

Guru Berkarya

Menumbuhkan Budaya Kreasi Dengan Kegiatan Literasi yang Bermakna

Kegiatan literasi yang bermakna ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, siswa, orang tua, dan masyarakat.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Rustiah SPdSD, SDN 1 Bategede Kec Nalumsari Kab Jepara 

Oleh: Rustiah SPdSD, SDN 1 Bategede Kec Nalumsari Kab Jepara

PANDEMI Covid-19 telah mengubah semua tatanan pada segala aspek kehidupan. Hampir seluruh bidang kehidupan terkena dampaknya, mulai dari bidang ekonomi, transportasi, termasuk bidang pendidikan.

Pembelajaran dilakukan dengan cara jarak jauh atau belajar dari rumah. Pembelajaran jarak jauh dilaksanakan secara online atau dapat juga dilakukan dengan cara home visit.

Pedoman pelaksanaan belajar dari rumah selama pandemic Covid-19 berdasarkan Surat Edaran Sekjen nomor 15 tahun 2020 dengan tujuan pelaksanaan BDR yaitu memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan pendidikan di satuan pendidikan dan pemenuhan dukungan phsikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.

Kegiatan literasi sekolah merupakan program pemasyarakatan kegemaran membaca dan menulis di kalangan komunitas sekolah dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa dengan tujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis, sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Gerakan ini berdasar Permendikbud nomor 21 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Bagi guru budaya membaca dan menulis bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang mata pelajaran yang diampu, sedang bagi siswa bermanfaat untuk meningkatkan proses dan hasil belajar, kemampuan untuk menerima, memahami bahasa, berkomunikasi gambar dan lisan berdasarkan pengalaman belajar. Kegiatan literasi lebih bermakna dalam mengarahkan dan menumbuhkan budaya kreasi.

Kegiatan literasi yang bermakna selama pandemi sangat penting, antara lain yaitu membangun kecakapan hidup dan meningkatkan ketahanan siswa untuk melalui masa pandemic, aktivitas literasi yang terlaksana dengan menyenangkan, serta terintegrasi dengan rutinitas siswa bersama keluarga dan bermakna.

Beberapa alasan kegiatan literasi yang bermakna adalah anak mengalami langsung apa yang dipelajari, sehingga mengaktifkan lebih banyak indera dari pada hanya mendengarkan ceramah. Informasi dan keterampilan yang dipelajari akan tersimpan dalam ingatan, dan informasi baru yang dibangun akan mempermudah proses berikutnya untuk materi belajar berkelanjutan.

Kegiatan literasi yang bermakna ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, siswa, orang tua, dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan, sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang di capai untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca yang dilakukan selama 15 menit sebelum proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaan kegiatan literasi bermakna hususnya di SD Negerin 1 Bategede Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara selama masa pandemi Covid-19 menerapkan kerja sama antara berbagai pihak, diantaranya kepala sekolah selalu memotivasi guru untuk senantiasa berinovasi, sesama rekan guru saling memberikan masukan atau ide terhadap kegiatan literasi yang bermakna agar lebih maksimal. Selain itu orang tua juga memegang peranan penting untuk memotivasi anaknya supaya menerapkan kegiatan literasi yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari.

Di abad 21 ini, dunia banyak mengalami perubahan. Dimana kita tidak bisa memprediksi hal apa lagi yang akan terjadi di masa mendatang. Bukan hanya dari segi pengetahuan dan keterampilan tetapi juga dalam segi attitude di mana sangat penting pula.

Hal itu juga harus diimbangi dengan keterampilan seperti kreatif, inovatif, kerja sama, dan gotong royong. Keterampilan juga kecakapan pada saat ini sangat penting dan harus dikenalkan juga diajarkan. Tetapi tidak juga menjadikannya ketergantungan. Karena teknologi semakin canggih bersama berjalannya waktu, maka keterampilan mengenai teknologi diperlukan untuk mempersiapkan generasi yang akan mengubah masa depan menjadi lebih baik. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved