Breaking News:

Guru Berkarya

Metode STAD Permudah Siswa Belajar Membuat Kesimpulan Bacaan

Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang digunakan sebagai bahasa pengantar pembelajaran.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Mohamad Sukron SPdSD, Guru SDN 02 Karangasem Kec Talun Kab Pekalongan 

Oleh: Mohamad Sukron SPdSD, Guru SDN 02 Karangasem Kec Talun Kab Pekalongan

BAHASA Indonesia merupakan alat komunikasi yang digunakan sebagai bahasa pengantar pembelajaran. Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik adalah menulis. Menulis merupakan kemampuan seseorang dalam mengemukakan sebuah gagasan, pikiran, dan perasaan kepada orang lain dengan media tulis. Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 adalah menulis simpulan dari teks yang dibaca. KD 4.4. Membuat kesimpulan tentang ciri- ciri makhluk hidup berdasarkan teks bacaan.

Esensi dari pembelajaran keterampilan menulis simpulan lebih mengarah pada penyusunan struktur teks yang benar sedangkan peserta didik masih sering mengalami kesulitan membedakan isi teks ekplanasi dengan teks lain. Keinginan dan keteramplan menulis eksplanasi di SDN 02 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan masih tergolong rendah.

Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya kemampuan siswa dalam menghayati pada topic, kurangnya kemampuan mengembangkan imajinasi, dan minimnya sumber belajar dan variasi strategi pembelajaran di kelas juga masih monoton. Guru harus berperan aktif dalam memberikan stimulus agar peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Menurut Syarif (2013: 56) siswa akan aktif ketika diberi stimulus yang mampu mengembangkan bakat yang dimiliki oleh peserta didik. Strategi pembelajaran yang digunakan guru juga harus lebih interaktif, kreatif, inovatif, dapat menumbuhkan potensi peserta didik agar dapat berpikir kritis.

Penggunaan metode pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan serta kendala dalam pembelajaran menulis khususnya menulis teks eksplanasi. STAD merupakan metode dalam pembelajaran kooperatif sederhana untuk guru yang baru mulai menggunakan pendekatan kooperatif dalam kelas.

Menurut Istarani (2012 : 19) dalam metode pembelajaran STAD, guru menyajikan pelajaran, kemudian peserta didik bekerja dalam tim. Kemudian peserta didik diberikan tes tentang materi tersebut, pada saat tes berlangsung, siswa tidak boleh saling membantu. Terdapat lima komponen utama dalam metode STAD yaitu presentasi kelas /class presentation, belajar dalam grup /team, pengerjaan kuis /quizze, perhitungan peningkatan skor individu /individual improvement score, dan penghargaan tim /team recognition.

Tujuan utama dari pengajaran menulis teks eksplanasi menggunakan metode STAD adalah guru menyajikan materi sesuai dengan yang telah direncanakan. Setiap awal pembelajaran metode STAD selalu dimulai dengan penyajian kelas, yang terdiri dari pembukaan, pengembangan, dan latihan terbimbing dari keseluruhan pelajaran dengan penekanan dalam penyajian materi pelajaran.

Langkah yang dapat dilakukan guru dalam menerapkan metode STAD yaitu guru meminta peserta didik belajar sendiri materi dengan membaca teks bacaan yang telah diberikan guru. Kemudian peserta didik membentuk kelompok dan melakukan diskusi yang dibimbing oleh guru.

Langkah selanjutnya yaitu guru mengajak peserta didik mengamati gambar. Guru menjelaskan terlebih dahulu cara merangkai kata. Kemudian siswa diminta untuk mencoba membuat sendiri teks eksplanasi. Langkah terakhir yaitu dengan melakukan refleksi.

Metode STAD dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis artikel di SDN 02 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan presentase rata-rata ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia menulis simpulan pada bacaan bagi peserta didik. Peserta didik juga lebih aktif dalam menyampaikan pendapat lebih mudah memahami materi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved