Breaking News:

Berita Batang

Tekan Kasus HIV, KPA Kabupaten Batang Gelar Sosialisasi Kepada Kalangan Muda

Tingginya kasus HIV membuat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Batang terus lakukan upaya pencegahan.

Penulis: dina indriani | Editor: moh anhar
Dokumentasi Diskominfo Batang
KPA Kabupaten Batang menggelar sosialisasi bahaya HIV AIDS di sekretariat FKPB, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Sabtu (13/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Tingginya kasus HIV membuat Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Batang terus lakukan upaya pencegahan kepada seluruh elemen masyarakat tak terkecuali terhadap kalangan muda yang dirasa sangat rentan terhadap pergaulan bebas. 

Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan layanan VCT RS QIM Batang untuk melakukan tes VCT bagi para peserta sebagai upaya deteksi dini Virus HIV.

Dari semua peserta yang mengikuti,  semuanya berstatus negatif HIV.

Baca juga: Cara Warga Nonton Balapan Gratis di Sirkuit Mandalika: Pergi ke Bukit, Panjat Pohon Hingga Naik Truk

Baca juga: Hendri, Napi Lapas Kedungpane yang Jadi Penadah Sabu Dipindahkan ke Blok Maximum Security

Baca juga: Novita Kembangkan Label Fashion My Daily Hijab dari 2 Lembar Kain, Kini Ia Bisa Berdayakan Tetangga

Staf KPA bidang Monitoring dan Evaluasi mengatakan sampai saat ini kasus HIV di Batang didominasi oleh kelompok usia produktif, sehingga perlu adanya pemahaman yang mendalam kepada kelompok usia tersebut.

Dia juga mengungkapkan keprihatinannya akan kasus tersebut dan berharap anak muda semakin paham dengan bahaya HIV AIDS sehingga diharapkan dapat melakukan hal-hal positif yang menjauhkan mereka dari pergaulan bebas.

“Kami dari KPA sungguh sangat prihatin dengan kasus yang ada dan ini menjadi PR besar buat kita semua tidak hanya KPA namun juga peran Pemerintah daerah serta masyarakat dibutuhkan.

Edukasi terhadap bahaya HIV AIDS terus kita lakukan termasuk kali  di kalangan remaja," jelasnya, saat sosialisasi bahaya HIV AIDS di sekretariat FKPB, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Sabtu (13/11/2021).

Dengan gencar melakukan sosialisasi, pihaknya berharap ke depan sebagai generasi muda bisa memahami secara komprehensif tentang HIV AIDS dan bisa menjauhi hal-hal yang dapat mengakibatkan HIV.

Sementara, Koordinator FKPB Ahmad Navis menyampaikan bahwa edukasi ini sangat penting untuk membentengi generasi muda dari hal-hal negatif selain upaya penanggulangan HIV terhadap mereka yang sekarang sudah dinyatakan positif HIV yang jumlahnya di Batang tidak bisa dibilang sedikit.

“Selain upaya penanggulangan, upaya pencegahan melalui edukasi ini juga sangat penting apalagi bagi para remaja atau usia sekolah, pemahaman tentang bahaya HIV AIDS tak kalah pentingnya dengan edukasi tentang narkoba dan pergaulan bebas,” jelasnya.

Ia berharap, peran nyata Pemerintah dalam program pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Batang benar-benar diwujudkan.

Baca juga: Prabowo Tak Terima Jokowi Disindir Fadli Zon, Titip Pesan ke Sekjen Gerindra

Baca juga: Syahrini Pilih Temani Reino Barack Bisnis, Sekali Jalan Dapat Komisi 3 Kali Lipat Manggung

"Karena hal itu juga termasuk dalam penilaian Indeks Pelayanan Minimum yang telah ditetapkan oleh pusat," pungkasnya. (*)
 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved