Breaking News:

Virus Corona

Bandara Waspada Kedatangan WNA dari Malaysia dan Singapura

Gelombang ketiga Covid-19 sudah melanda negara jiran Malaysia dan Singapura. Varian 'delta plus' AY.4.2 menyerang dua negara itu.

Net
Bandara Changi 

TRIBUNJATENG.COM -- Gelombang ketiga Covid-19 sudah melanda negara jiran Malaysia dan Singapura. Varian 'delta plus' AY.4.2 menyerang dua negara itu.

Terkait hal tersebut pemerintah Indonesia didesak untuk memperketat pintu masuk menuju Indonesia terutama bagi negara-negara yang masih mengalami lonjakan kasus Covid-19.

Selain itu, mobilitas masyarakat harus diperketat juga karena menjelang liburan akhir tahun.

Lalu, bagaimana kesiapan bandara-bandara di Indonesia saat ini?

Perusahaan pelat merah pengelola bandara, PT Angkasa Pura II (Persero) mengungkapkan, pihaknya sampai dengan sejauh ini masih memberlakukan kesiagaan yang optimal sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada awal 2020. VP Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, mengatakan, aturan-aturan yang berkaitan protokol kesehatan juga masih diberlakukan secara konsisten.

"Terkait ini (adanya varian delta di Singapura dan Malaysia), bandara-bandara semenjak masa pandemi covid level kesiagaan atau kewaspadaan terus diterapkan pada level tertinggi," ucap Yado saat dihubungi Tribun Jumat (12/11).

"Semua protokol kesehatan dijalankan dengan konsisten, mulai dari himbauan jaga jarak sampai dengan diinfeksi fasilitas secara berkala," sambungnya.

Saat adanya lonjakan kasus aktif di luar negeri, bandara-bandara yang membuka rute internasional biasanya menjadi pintu gerbang utama dalam penyebaran Covid-19 di dalam negeri. Sampai dengan saat ini, kasus aktif di Indonesia mulai berangsur menurun sejak 2-3 bulan terakhir.

Yado juga mengatakan, pengetatan aturan perjalanan oleh pemerintah sangat berkontribusi dalam pengendalian virus. Diketahui, pemerintah dalam setiap minggunya selalu melakukan evaluasi perkembangan kasus aktif Covid-19 di Indonesia.

Hasil dari evaluasi tersebut, digunakan sebagai dasar acuan dari aturan pengetatan mobilitas masyarakat dan aturan terkait perjalanan ke luar kota/Provinsi."Ini juga berkat dukungan semua stakeholder yang ada di Bandara," pungkas Yado.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved