Breaking News:

Guru Berkarya

Belajar Matematika Asyik dan Menyenangkan

Pada sebagian besar peserta didik menganggap bahwa mata pelajaran matematika adalah sulit apa lagi pada masa pandemi covid-19 ini.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Khulinah SPd MPd, Guru SMPN 1 Comal Kab Pemalang 

Oleh: Khulinah SPd MPd, Guru SMPN 1 Comal Kab Pemalang

SEBAGIAN besar peserta didik menganggap mata pelajaran matematika adalah sulit. Apalagi pada masa pandemi ini pembelajarannya melalui jarak jauh melalui dunia maya. Guru hanya bisa menyampaikan materi tidak bisa menjelaskan langsung.

Pada pelajaran matematika kelas 9 SMP Negeri 1 Comal khususnya pada materi kesebangunan dan kekongruenan, masih banyak peserta didik yang kurang memahami perbedaan antara kesebangunan dan kongruensi. Hal ini bisa dilihat dari hasil ulangan yang masih banyak di bawah standar ketuntasan minimum.

Masih ada guru matematika dalam memilih metode pembelajaran daring yang digunakan dalam menyampaikan materi khususnya pada kesebangunan dan kongruensi masih kurang menyenangkan. Sehingga ketika peserta didik diberi penugasan masih kurang memahami dalam mengerjakan soal yang diberikan guru tersebut.

Adanya kesebangunan antara dua benda dapat dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama dan sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama. Sedangkan jika dua buah benda dikatakan kongruen jika sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama dan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang. Jadi perbedaan antara kesebangunan dan kekongruenan adalah letaknya pada sisi-sisi yang bersesuaian.

Salah satu cara mengajar yang asyik dan menyenangkan pada materi kesebangunan dan kekongruenan kelas IX di SMP Negeri 1 Comal adalah memanfaatkan teknologi. Minimal guru mampu mengoperasikan laptop atau smartphone saat menyelenggarakan pembelajaran. Berbagai aplikasi telah berkembang pesat untuk menyediakan penunjang pembelajaran online. Jangan pernah malu untuk belajar dan bertanya.

Dalam pembelajaran online meskipun tidak mengajar di kelas sungguhan, guru tetap dapat menciptakan suasana mengajar asyik dan seru. Saat melakukan telekonferensi dengan peserta didik menggunakan zoom meeting atau google meet.

Tidak ada salahnya sekali waktu guru memunculkan sisi humoris. Jika suasana belajar terlalu tegang, peserta didik tidak akan dapat menikmati proses pembelajaran. Tidak perlu terlalu pandai melawak sehingga membuat peserta didik terpingkal-pingkal guru cukup menebar senyuman.

Metode mengajar yang menyenangkan tidak akan membuat peserta didik di SMP Negeri 1 Comal kelas 9 pada materi kesebangunan dan kekongruenan cepat bosan. Setiap peserta didik sangat merasa senang jika pendapatnya didengarkan disinilah peran penting guru untuk menumbuhkan rasa percaya peserta didik dan memantik keberanian mereka untuk mengungkapkan ide atau pendapatnya.

Menjadi guru yang baik harus tahu cara mengajar yang asyik dan menyenangkan harus tetap memperhatikan cara mengajar yang baik dan benar. Hal ini menjadi poin yang sangat penting karena guru pasti menginginkan tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.

Pembelajaran yang asyik dan menyenangkan jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan membantu pemahaman peserta didik di SMP Negeri 1 Comal kelas 9 pada materi kesebangunan dan kekongruenan dan membuat peserta didik menjadi aktif dan memperoleh pembelajaran yang bermakna.sehingga hasilnya pun akan memuaskan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved