Breaking News:

FOKUS

Fokus: Sirkuit Mandalika yang Bikin Gerah Dunia

Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Penulis: m nur huda | Editor: Catur waskito Edy
Grafis:Tribunjateng/Dok
Tajuk Ditulis Oleh Jurnalis Tribun Jateng, M Nur Huda 

Tajuk Ditulis Oleh Jurnalis Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM - Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), telah diresmikan Presiden Jokowi, pada 12 November 2021.

Sirkuit berkonsep Street Circuit ini, diklaim trek paling aman dibanding sirkuit lainnya. Keindahan perbukitan dan pantai yang ditonjolkan, menjadi pembeda dengan sirkuit manapun di dunia.

Sirkuit ini kini tengah menjadi pembahasan hangat di dunia balap terutama Negara-negara di dunia yang memiliki sirkuit untuk MotoGP. Sebab, hanya Sirkuit Mandalika yang memiliki pemandangan dua panorama sekaligus, yakni bukit dan dikelilingi laut yang indah.

Selain itu, sirkuit dengan panjang trek 4,3 kilometer dan 17 tikungan ini juga dilengkapi fasilitas terbaik kelas dunia, semisal menggunakan Stone Matic Asphalt (SMA) yang diklaim teknologi aspal terbaik di dunia saat ini.

Tidak semua sirkuit menggunakan teknologi aspal SMA ini, karena baru dirilis 2015. Hanya Sirkuit Silverstone Inggris, Dubai, Australia, dan Mandalika yang memilikinya.

Tak hanya itu, dari sejumlah deretan sirkuit terbaik dunia, semisal Losail Internasional Qatar, Brandh Hatch London Inggris, Mugello Italia, Sirkuit Philip Island Australia, TT Assen Belanda, hanya Mandalika yang memiliki dua pemandangan berupa bukit dan laut sekaligus.

Foto udara ornamen Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti.
Foto udara ornamen Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI)

Untuk tata letak panorama laut, sebenarnya dimiliki Sirkuit Philip Island Australia. Namun tidak memiliki bukit-bukit seperti Mandalika. Selain itu, sirkuit ini sering dikritik karena keberadaan pit lane dan komplek paddock cukup kecil, area parkir masih di padang rumput, dan akses ke paddock melewati jalan terbatas di atas tanah.

Di Asia Tenggara, sebenarnya ada sirkuit Sepang Malaysia dan Chang Buriram Thailand. Namun ketika membahas sirkuit berpanorama terbaik, dua sirkuit itu tidak perlu diulas.

Setelah diresmikan, Sirkuit Mandalika tengah bersiap menjadi tuan rumah ajang kelas dunia. Sebagai pembuka, digelar Asia Talent Cup (ATC) mulai 13 November 2021, namun diundur karena persoalan teknis. Berikutnya, World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

Selanjutnya, tes pramusim MotoGP pada Februari 2022 di Mandalika Indonesia. Berlanjut seri lombanya dimulai di Qatar pada 8 Maret 2022, kemudian Seri 2 MotoGP digelar di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret 2022.

Diketahui, tiap penyelenggaraan MotoGP ditonton kurang lebih 4 juta orang. Ini merupakan potensi besar untuk mencuri perhatian dunia saat Indonesia nantinya menjadi tuan rumah yang pertama kalinya.

Terlebih, Indonesia memposisikan sirkuit ini bukan hanya arena balap, namun juga destinasi wisata. Hal ini tentu membuat Negara-negara di dunia terutama Negara tetangga gerah, karena berpotensi besar mengurangi kunjungan wisata.

Lokasi Sirkuit Mandalika berada di sekitar Pantai Kuta Lombok yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Kemudian terdapat wisata budaya yang terkenal, yakni Desa Wisata Ende dan Desa Wisata Sade, serta tak jauh dari Pulau Bali.

Sirkuit Mandalika akan menjadi kebanggaaan Indonesia setelah dibuat dengan niat dan tekad sempurna untuk jadi sirkuit kelas dunia. Ini sekaligus pesan pada dunia bahwa Indonesia bisa.(*)

Baca juga: Hendri, Napi Lapas Kedungpane Penadah Sabu Dipindah ke Blok Maximum Security

Baca juga: Kalina Ocktaranny Kecurian, Uang Rp 100 Juta Tabungan Ibunya Dibawa Kabur ART

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 2 SD Halaman 138 139 141 143 145 146 148 149 151 dan 152, Pupuk Kompos

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Sate Donat Empuk Lembut

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved