Breaking News:

Berita Kendal

Iklim Investasi Kendal Naik, Imigrasi Perketat Pemantauan Orang Asing

Jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang gerak cepat melakukan koordinasi.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Saiful Ma'sum
Rapat tim pengawasan orang asing (Tim Pora) oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang bersama dinas atau Instansi terkait Kabupaten Kendal di Aldila Resto, Senin (15/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang gerak cepat melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk mitigasi pengawasan orang asing.

Khususnya orang asing yang tinggal atau bekerja di wilayah hukum Kabupaten Kendal.

Koordinasi tim pengawasan orang asing (Tim Pora) dilakukan pada, Senin (15/11/2021) dengan melibatkan jajaran Setda Kendal, Kesbangpol, Disdukcapil, Disnaker, Kemenag, Polres, TNI, BNN, dan BIN.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang, Doni Alfisyahrin mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim untuk memantau dan mengawasi orang asing yang berdomisili atau bekerja di Kendal.

Hal itu dilakukan seiring meningkatnya iklim investasi Kabupaten Kendal, terkhusus dengan pembangunan kawasan industri Kendal (KIK) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Pertumbuhan investasi ini, menurut Doni, harus diiringi dengan pengawasan ketat untuk mengantisipasi potensi timbulnya efek negatif. 

Sehingga harus diminimalisir lebih dini dengan melakukan pengawasan orang asing.

"Potensi Kendal ini cukup bagus yang digadang-gadang menjadi titik baru investasi di Jawa Tengah. Nah perlu dikawal agar tidak menimbulkan bahaya negatif, dalam hal pengawasan orang asing," ujarnya. 

Kasi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Alvian Bayu Indra Yudha menyebutkan, saat ini masih ada 2.579 warga negara asing (WNA) yang aktif bekerja di beberapa perusahaan Kendal.

Mayoritas tersebar di perusahaan-perusahaan Kawasan Industri Kendal (KIK), dan perusahaan di beberapa kecamatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved