Breaking News:

Guru Berkarya

Memahami Pembelajaran PAI dan BP Tentang Martabat Manusia melalui WAG

Pandemi Covid 19 telah memberikan pengaruh yang besar terhadap proses pembelajaran PAI dan BP di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dra Siti Faizah, Guru SMKN 1 Pemalang  

Oleh: Dra Siti Faizah, Guru SMKN 1 Pemalang 

PANDEMI Covid-19 memberikan pengaruh yang besar terhadap proses pembelajaran PAI dan BP di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Guru sebagai pembelajar sangat dikejutkan terkait dengan peristiwa yang melanda.

Perubahan format pembelajaran di masa pandemi ini harus segara ditata ulang. Transformasi pembelajaran harus segera dimulai dan berlari menyesuaikan kondisi yang melanda lingkungan pendidikan. Guru menyesuaikan dengan perubahan itu serta dipaksa untuk dapat beradaptasi dengan situasi terbaru yaitu membiasakan pembelajaran dalam jaringan atau daring.

Tujuan pembelajaran dilaksanakan secara daring adalah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai instruksi gugus tugas yang menangani permasalahan tersebut. Protokol kesehatan pun mulai dijalankan di seluruh masyarakat termasuk instansi pendidikan dan sekolah dengan sosial distancing (menjaga jarak), selalu cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan selalu menggunakan masker bagi yang sakit maupun yang tidak sakit.

 Pembelajaran jarak jauh dengan model daring sudah sekiranya cukup tepat seperti yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pemalang Kabupaten Pemalang. Disamping hiruk pikuk munculnya protokol kesehatan, penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran ikut menjadi permasalahan turunan dari pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan atau daring.

Munadi (2008:7) mendefinisikan bahwa media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Azhar (2011: 24) dalam penjelasannya turut mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Penerapan pembelajaran yang berbasis internet ternyata masih berlanjut meskipun beberapa sekolah sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT).

Penggunaan aplikasi pada proses pembelajaran dilakukan karena PTMT memiliki keterbatasan waktu penyampaian materi pembelajaran. Oleh karena itu, materi pembelajaran dilaksanakan dengan tetap memanfaatkan media pembelajaran.

Beberapa aplikasi telah dicobakan kemudahan untuk melakukan video conference dengan konsekuensi akan berdampak terhadap penggunaan kuota internet yang sangat besar. Kemudian terdapat pula aplikasi yang mendekatkan khusus untuk pembelajaran namun dengan sistem berbayar. Pada aplikasi lain menampilkan web untuk pembelajaran, akan tetapi minim terjadinya interaksi dengan siswa.

WhatsApp Grup (WAG) sebagai sebagai aplikasi media sosial yang telah lama berjalan, ternyata juga menyediakan aplikasi yang memudahkan untuk pembelajaran. Kelebihan penggunaan aplikasi WAG adalah murah, mudah dioperasikan, terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa dan mudah mengontrol kegiatan pembelajaran siswa melalui jaringan.

Pemanfaataan media WAG untuk melaksanakan proses pembelajaran PAI dan BP materi tentang menjaga martabat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina di SMKN 1 Pemalang Kabupaten Pemalang kelas 10 sudah sangat tepat. Proses pembelajaran dilaksanakan mulai dengan meminta nomor gadget masing-masing siswa.

Kemudian guru membuat WA Grup dan disusul dengan mengundang semua nomor anak ke dalam WAG. Setelah semua nomor terkumpul, guru mulai menyampaikan proses pembelajaran dengan menyampaikan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar.

Materi disampaikan dengan tulisan, suara, video, maupun link youtube yang terkait pembelajaran. Pada akhir pembelajaran guru memberikan evaluasi dengan dihubungkan ke google form. Penggunaan aplikasi WAG dalam pembelajaran PAI dan BP dapat berjalan dengan baik dan antusiasme siswa sangat tinggi. Siswa dapat menikmati proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved