Breaking News:

Guru Berkarya

Penerapan Metode IOC dalam Memahami Iman kepada Qada dan Qadar

Pendidikan agama memiliki dampak yang sangat besar dalam menciptakan karakter siswa didik yang memiliki akhlak perilaku yang mulia.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Zainul Umam SPdI, Guru SMPN 1 Taman Kabupaten Pemalang 

Oleh: Zainul Umam SPdI, Guru SMPN 1 Taman Kabupaten Pemalang

PENDIDIKAN agama memiliki dampak yang sangat besar dalam menciptakan karakter siswa didik yang memiliki akhlak perilaku yang mulia. Akan tetapi pada kenyataannya, dari beberapa pengamatan guru pendidikan agama Islam, mata pelajaran PAI tersebut kurang diminati. Mereka kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurang tekun dalam menyelesaikan tugas dari guru mapel PAI itu sendiri.

Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya minat peserta didik dalam belajar PAI. Terutama faktor dari guru itu sendiri, antara lain dalam proses pembelajaran, pendekatan, strategi, metode atau model pembelajaran masih konvensional, dan hanya terfokus kepada guru.

Salah satu model ini yang jarang digunakan dalam pembelajaran PAI adalah model pembelajaran Inside Outside Circle. Metode ini dapat diartikan metode pembelajaran dengan sistem lingkaran kecil atau lingkaran dalam serta lingkaran besar atau lingkaran dalam. Melalui metode ini, siswa saling bertukar informasi pada saat bersamaan dangan pasangan yang berbeda dan waktu yang singkat.

Model pembelajaran ini memiliki stuktur yang jelas serta terstruktur. Siswa dapat bekerja sama dangan teman sebayanya melalui bergotong-royong serta membagi informasi yang didapatkan saat proses pembelajaran. Contohnya di SMP N 1 Taman Kabupaten Pemalang pada materi iman kepada Qada dan Qadar Allah kelas 9. Dengan model pembelajaran ini siswa tidak hanya mudah memahami materi yang guru akan sampaikan, tetapi dapat mengembangkan kreativitas dan aktivitas selama proses pembelajaran.

Model pembelajaran Inside Outside Circle menuntut siswa untuk bekerja kelompok sehungga memperkuat hubungan antar individu serta ketrampilan berkomunikasi serta proses kelompok yang baik. Menurut Azmi (2015:4), pada aktivitas pembelajaran ini siswa dalam menggali informasi dengan lingkaran dalam dan lingkaran luar membuat peserta didik lebih mudah mendapat informasi yang beraneka ragam dalam satu waktu yang bersamaan. Metode pembelajaran Inside Outside Circle sebenarnya sangat digemari siswa karena prosesnya menarik.

Langkah model pembelajaran ini bisa dimodifikasi sesuai keinginan guru mata pelajaran. Pertama, guru bisa membentuk dua kelompok besar dan di dalam kelompok besar itu dibentuk kelompok kecil jumlahnya sesuai subbab yang akan dibahas.

Kedua, guru membagi materi yang akan dibahas kepada kelompok-kelompok kecil tersebut untuk didiskusikan. Model pembelajaran ini peserta didik dapat saling berdiskusi antar kelompok kecil, kelompok besar, maupun kelompok lainnya secara bersamaan.

Setelah waktu diskusi selesai, guru bisa improvisasi dengan mengajak peserta didik outing class agar metode ini bisa maksimal karena membutuhkan tempat yang luas. Guru memberi arahan dari dua kelompok besar tadi. Sebagian siswa membentuk lingkaran kecil serta menghadap keluar lingkaran. Sebagian lagi membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam lingkaran.

Siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan lingkaran besar yang saling berhadapan tersebut saling berbagi informasi. Pertukaran informasi bisa dilakukan semua pasangan secara bersamaan. Peserta didik yang berada di lingkaran kecil tetap diam di tempat.

Selanjutnya peserta didik yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam. Saat itu peserta didik yang berada dalam lingkaran besar berbagi informasi dan sebaliknya

Penerapan metode inside outside circle pada pembelajaran PAI kelas 9 dalam materi iman kepada Qada dan Qadar sangatlah efektif. Para siswa bisa saling berbagi informasi terkait materi. Hasil belajar yang dicapai juga mengalami peningkatan selain itu para siswa menjadi semangat dalam mengikuti tahap tahap pembelajaran yang disampaikan oleh guru. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved