Breaking News:

Kesehatan

6 Cara Meredakan Batuk Secara Alami, Salah Satunya Minum Teh Madu

Batuk bisa terjadi kapan saja, meski seorang tengah dalam kondisi sehat bugar. 

Editor: sujarwo
6 Cara Meredakan Batuk Secara Alami, Salah Satunya Minum Teh Madu
IST
Ilustrasi.

TRIBUNJATENG.COM -  Ada banyak cara meredakan batuk secara alami. Batuk bisa terjadi kapan saja, meski seorang tengah dalam kondisi sehat bugar. 

Batuk adalah respon alami dari tubuh untuk mengeluarkan berbagai zat asing atau sesuatu yang mengiritasi saluran pernapasan. 

Secara umum, batuk dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk berdahak dan tidak berdahak. 

Nah, berikut ini cara meredakan batuk menggunakan bahan alami sebagaimana dilansir dari Medical News Today.

1. Teh madu

Cara meredakan batuk menggunakan teh yang dicampur madu sebenarnya merupakan pengetahuan yang sudah ada sejak lama. Menurut beberapa penelitian, madu memang dapat meredakan batuk. Dalam sebuah penetian, madu bahkan lebih ampuh dibandingkan dengan obat batuk jenis dekstrometorfan.

2. Jahe

Selanjutnya, cara meredakan batuk secara alami adalah dengan jahe. Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma, karena memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Cara meredakan batuk dengan jahe adalah seduh jahe dalam bentuk irisan segar ke dalam secangkir air panas. Biarkan sampai hangat selama beberapa menit sebelum diminum.  Setelah itu, tambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasa dan lebih menenangkan batuk.

3. Air hangat

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved