Breaking News:

Berita Pekalongan

Banjir Rob Mulai Terjang Pemukiman Warga Pekalongan Utara

Banjir akibat air laut pasang atau rob menerjang pemukiman di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Senin (15/11)

Tribunjateng/ Indra Dwi Purnomo
Tim gabungan melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir rob. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Banjir akibat air laut pasang atau rob menerjang pemukiman di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Senin (15/11). Banjir antara lain merendam Dukuh Clumprit, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara.

Rob juga menggenangi ruas jalan di Kota Pekalongan, seperti Jalan Semarang dan Jalan Patiunus. Bukan hanya itu, rob juga mengakibatkan area persawahan terendam. Pantauan Tribun Jateng, banjir yang menggenangi di wilayah tersebut memiliki ketinggian 20 sentimeter hingga 50 sentimeter.

Tim gabungan yang terdiri atas petugas kecamatan, Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), dan perangkat kelurahan melakukan evakuasi warga yang ada di wilayah Clumprit. Tim gabungan mengevakuasi enam warga dan selanjutnya membawa mereka ke aula Kelurahan Degayu.

Nur Khasanah (39), warga RT 04 RW 08, Clumprit, Kelurahan Degayu mengatakan, ia bersama kedua anak dan orang tuanya terpaksa dievakuasi petugas BPBD Kota Pekalongan lantaran air sudah masuk ke dalam rumah. "Kasur, meja, dan kursi sudah terendam. Jadi saya minta dievakuasi ke aula Kelurahan Degayu," kata Nur Khasanah.

Dia menambahkan, ketinggian air di dalam rumahnya mencapai selutut orang dewasa. "Banjir sudah terjadi sejak hari Minggu (14/11) dan ini (Senin kemarin—Red) air mulai naik lagi. Tidak hujan pun di sini sering langganan banjir," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Pekalongan Utara Sri Karyati mengatakan, sudah ada sembilan warga yang mengungsi ke aula Kelurahan Degayu. Salah satunya juga ada balita.

"Hari ini (Senin kemarin—Red) Pekalongan Utara dilanda banjir rob, bahkan prediksi BMKG dua hari ini banjir rob di wilayah utara Pekalongan tinggi," kata Sri Karyati.

Dia menambahkan, dalam beberapa hari ini, khususnya di wilayah Kecamatan Pekalongan Utara, rob mulai tinggi, di antaranya di Degayu dan Bugisan, yang ikut di wilayah Panjang Wetan. "Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan agar menyiapkan apa saja yang dibutuhkan oleh pengungsi," ungkapnya. (dro)

Baca juga: Nenek yang Viral Tidur di Lemari Warung Kopi Ternyata Masih Punya Keluarga

Baca juga: Jelang Bertemu Persikabo, PSIS Solidkan Trio David, Hari Nur, Bruno Silva

Baca juga: Harga Volta Motor Listrik Satu Unit Dibandrol Rp 19 Juta (on the road)

Baca juga: Sutarno Ingin Gajinya Tahun Depan Naik karena Terima Upah di Bawah UMK 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved