Breaking News:

Guru Berkarya

Google Drawing Fasilitasi Siswa Belajar Informatika secara Kolaboratif

Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan tatanan hidup dan kebijakan baru di masyarakat

Editor: abduh imanulhaq
IST
Heni Susanti SKom, Guru SMPN 1 Karanganyar Kab Kebumen 

Oleh: Heni Susanti SKom, Guru SMPN 1 Karanganyar Kab Kebumen

PANDEMI Covid-19 menyebabkan terjadinya perubahan tatanan hidup dan kebijakan baru di masyarakat. Meliputi kewajiban mengikuti protokol kesehatan, Work From Home (WFH), karantina mandiri, lockdown lokal, serta pembatasan kegiatan berkerumun.

Kebijakan dan tatanan hidup baru ini juga berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran secara terbatas melalui pembelajaran jarak jauh ( PJJ ). Dampak dari pembelajaran jarak jauh ini menyebabkan peserta didik tidak bisa melakukan kegiatan sosial dengan baik.

Mereka yang biasa berkumpul, berkelompok dengan teman di sekolah dalam banyak hal termasuk dalam menyelesaikan tugas menjadi tidak bisa. Pembelajaran jarak jauh ini dapat memunculkan rasa individualis akibat hilangnya rasa kebersamaan dan kepemilikan seperti saat bertemu langsung.

Mengingat beberapa hal di atas, penulis perlu mencari satu metode yang dianggap mampu memberikan solusi dan terciptanya dukungan sosial. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan dan bisa memberikan rasa bahwa peserta didik tidak bekerja sendiri walaupun dalam kondisi berjauhan adalah melalui pembelajaran kolaboratif atau pembelajaran berkelompok. Materi Informatika kelas 9 tentang penulisan Algoritma merupakan materi yang tepat bila diselesaikan secara berkelompok dengan menggunakan media google drawing.

Pembelajaran kolaboratif mengacu pada pembelajaran bersama (terdistribusi) yang mendorong peserta didik berkolaborasi merancang sesuatu bukan hanya sekedar menyerap pengetahuan yang diberikan (Aikina,2018:21). Google drawing adalah sebuah aplikasi yang ada di Google Drive. Fitur yang bagus dan tentu saja lebih mudah.

Google drawing memungkinkan beberapa pengguna untuk membuka dan mengedit gambar secara bersamaan secara real time. Google drawing juga dapat dipublikasikan secara online sebagai gambar dan diunduh dalam format standar seperti JPEG, SVG, PNG, atau PDF.

Selain itu dengan google, gambar juga dapat digunakan untuk membuat bentuk diagram dan bentuk alur. Kemudahan lainnya adalah semua gambar akan tersimpan secara otomatis dan disimpan di google drive. Akses gambar dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Penggunaan media google drawing ini dirasa tepat sebagai sarana menciptakan kolaborasi/bekerja bersama di dalam pembelajaran jarak jauh ini. Batasan mengenai pengertian media dalam pendidikan adalah media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.

Algoritma merupakan urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis dalam bentuk diagram alir. Setiap peserta didik dapat membuat diagram alur sesuai dengan tema yang diberikan oleh guru secara berkelompok.

Peserta didik diminta untuk membuat algoritma tentang kegiatan sehari-hari sesuai tema yang sudah dibagi secara berkelompok. Melalui media google drawing ini peserta didik akan bisa melakukan interaksi dan menyelesaikan satu dokumen secara bersama tanpa harus bertemu atau bertatap muka langsung. Mereka juga bisa melakukan komunikasi melalui kolom chat atau komentar yang terdapat pada fasilitas google drawing.

Penggunaan media Google Drawing pada siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Kebumen dapat membantu siswa meningkatkan semangat, mengurangi kebosanan akibat lama tidak bisa bertatap muka dengan teman kelasnya. Selain itu juga bisa meningkatkan pemahaman yang lebih tentang pembuatan algoritma.

Kemudian dapat menciptakan pembelajaran informatika menjadi lebih menyenangkan. Peningkatan keaktifan belajar peserta didik tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memilih media yang bervariasi membuat siswa lebih aktif dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved