Breaking News:

Berita Kudus

Hanya Buruh dari Perusahaan Legal yang Berhak Menerima BLT

Sedikitnya 62 perusahaan sudah mengirimkan data buruh rokok yang akan menerima BLT.

Penulis: raka f pujangga | Editor: sujarwo
Dok. Disnaker Perinkop dan UKM
Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi saat melakukan peninjauan ?perusahaan rokok dalam rangka PPKM. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sedikitnya 62 perusahaan sudah mengirimkan data buruh rokok yang akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disna

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi saat melakukan peninjauan ?perusahaan rokok dalam rangka PPKM.
Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi saat melakukan peninjauan ?perusahaan rokok dalam rangka PPKM. (Dok. Disnaker Perinkop dan UKM)

ker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus telah selesai memverifikasi penerima BLT dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) 2021 tersebut.

Kepala Disnaker Perinkop dan UKM Kudus, Rini Kartika Hadi menyatakan, total ada sebanyak 62 perusahaan yang mengajukan BLT bersumber dari DBHCT. 

Seluruhnya  64.086 buruh rokok yang diajukan, namun dari hasil verifikasi ada sebanyak 63.132 buruh rokok yang akan menerima bantuan tersebut. 

Sementara jumlah pabrik rokok di Kudus menurut data, kata Rini ada sebanyak 77 perusahaan yang legal. Sedangkan yang tak mengajukan ada sebanyak 15 perusahaan.

"Dari 15 perusahaan itu tak mendapat, sebab hingga batas waktu yang ditentukan (17 September, Red) tak mengirimkan data kepada kami," ungkapnya.

Sementara terkait kriteria penerima bantuan sesuai aturan, di antaranya buruh rokok tersebut statusnya merupakan karyawan pabrik rokok legal.

Di samping itu, status buruh merupakan pekerja harian, tenaga borong, dan pekerja penuh waktu.

Selain itu, bantuan itu juga diterima oleh pelinting, pelabel, pengepak, quality control, buruh gudang bahan baku, dan buruh barang jadi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved