Breaking News:

Guru Berkarya

Memanfaatkan Snowball Throwing pada Pembelajaran PAI di SMK

Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan mata pelajaran yang penting untuk disampaikan kepada para peserta didik.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Tuhatin SAg, Guru SMKN I Pemalang¬† 

Oleh: Tuhatin SAg, Guru SMKN I Pemalang 

PENDIDIKAN Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) merupakan mata pelajaran yang penting untuk disampaikan kepada para peserta didik terutama di jenjang pendidikan SMK. Hal ini bertujuan sebagai pondasi bagi peserta didik ketika melakukan interaksi dengan lingkungan masyarakat. Terlebih peserta didik jenjang SMK sudah memasuki periode pendewasaan, tingkat kerawanan dalam pergaulan sangat tinggi sekali.

Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus memberikan penjelasan pentingnya PAI dan BP sebagai pedoman hidup. Selain itu, guru harus menyajikan proses pembelajaran yang dapat dipahami oleh peserta didik sebagai media pembelajaran. Akan tetapi, proses pembelajaran satu arah atau disebut teacher oriented masih banyak digunakan oleh sebagian besar besar guru dalam menyampaikan materinya.

Posisi peserta didik masih diartikan sebagai objek atau ‘korban’ dalam proses pembelajaran. Guru pada piramida teratas yang mengatur segala materi yang disampaikan. Semakin guru itu monoton dengan model lama, maka semakin rendah pula kualitas pembelajaran dalam kelas. Guru sebagai pendidik harus mampu memunculkan ide-ide kreatif bahkan kearah inovatif dalam mengatur proses pembelajaran. pelibatan peserta didik dalam proses pembelajaran juga sngat dibutuhkan.

Peserta didik dibentuk agar dapat melakukan interaksi sosial dalam kelas. Interaksi itu dapat diwujudkan dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif yang sederhana dan praktis yang dapat meningkatkan semangat peserta didik anatara lain adalah Snowball Throwing. Melalui metodel ini peserta didik secara aktif dapat bekerjasama dan melatih kerja otak secara cepat.

Komalasari (2014: 31) menjelaskan metode Snowball Throwing adalah salah satu metode dalam Model Pembelajaran Kooperatif. Metode pembelajaran ini menggali potensi kepemimpinan murid dalam kelompok dan keterampilan membuat-menjawab pertanyaan yang dipadukan melalui permainan imajinatif membentuk dan melempar bola salju.

Agustina (2013) menjelaskan bahwa metode pembelajaran Snowball Throwing disebut juga metode pembelajaran gelundungan bola salju. Metode pembelajaran ini melatih peserta didik untuk lebih tanggap menerima pesan dari peserta didik lain dalam bentuk bola salju yang terbuat dari kertas, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok.

Penggunaan metode pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran PAI dan BP kelas 12 materi tentang Bersatu dalam Keragaman dan Demokrasi di SMKN I Pemalang Kabupaten Pemalang sudah sangat tepat sekali. Pada pembelajaran tersebut langkah-langkahnya yaitu, guru menyampaikan materi yang akan disajikan.

Guru kemudian membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi. Selanjutnya, ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.

Langkah berikutnya, masing-masing murid diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan menyangkut materi yang sudah dijelaskan ketua kelompok. Lalu kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain.

Setelah murid dapat satu bola atau satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada murid untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian. Sebelum penutup diadakan evaluasi terhadap materi pembelajaran dengan membuat kesimpulan.

Penerapan metode pembelajaran ini sangat tepat dan sangat diminati peserta didik. Peserta didik sangat antusias mengikuti proses pembelajaran dan berdampak kepada hasil belajar peserta didik yang meningkat drastis. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved