Breaking News:

Berita Sragen

2 Orang LSM di Sragen Kena OTT Pemerasan Kades, Kapolres: Kalau Diancam, Laporkan

Setelah dua orang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sragen tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT), kepolisian minta LSM pelajari tugas dan tanggungjaw

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Kedua tersangka LSM Forum Masyarakat Sragen yang tertangkap OTT tim saber Pungli Sragen 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Setelah dua orang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sragen tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT), kepolisian minta LSM pelajari tugas dan tanggungjawab.

Dengan mempelajari tugas dan tanggungjawab LSM, adanya LSM diharapkan pihak kepolisian bisa bekerjasama memajukan Kabupaten Sragen.

Tertangkapnya dua LSM Sragen menjadi pembelajaran untuk kedepannya.

"Tolong dipahami tugas kewenangan dan tanggungjawab yang dimiliki LSM," kata Kasat Reskrim Polres Sragen AKP Lanang Teguh Pambudi ketika press release di Mapolres Sragen, Selasa (16/11/2021).

Diberitakan sebelumnya, dua aktivis LSM Sragen dari Forum Masyarakat Sragen (Formas) berinisial AB dan SM telah tertangkap OTT oleh tim Saber Pungli Sragen.

Keduanya mengambil keuntungan dari kasus dugaan penyimpangan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Kecik yang sekarang ditangani inspektorat.

Dengan mendatangi kantor Kades Kecik, Sukidi mereka mengancam akan melaporkan kasus tersebut ke kepolisian, kejaksaan maupun pengadilan terkait perbuatan yang bersangkutan.

Keduanya tidak akan melaporkan apabila korban membayar uang aman Rp 100 juta.

Namun Kades itu baru bisa DP Rp 20 juta. Keduanya tertangkap ketika korban memberikan uang DP tersebut di salah satu rumah makan di Sragen.

Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi meminta masyarakat Sragen agar melaporkan ke pihak kepolisian jika mendapatkan ancaman dari pihak manapun.

Ardi sapaan akrabnya itu melanjutkan keduanya terjerat Pasal 368 subsider pasal 369 junto pasal 55 KUHP dengan ancaman hukuman selama-lamanya 9 tahun.

"Jadi, saya sampaikan kepada masyarakat apabila menemui hal-hal yang terkait dengan pengancaman dengan intimidasi silakan untuk memberikan laporan kepada kepolisian," kata Ardi.

Selain uang tunai, pihak kepolisian juga mengamankan barang berupa dua buah handphone, kendaraan bermotor milik tersangka serta surat kuasa dari masyarakat kepada pemerintah.

"Surat ini menyerupai surat tugas, berbunyi surat kuasa yang ditujukan ke pihak kepolisian, kejaksaan, pengadilan atas nama Forum Masyarakat Sragen salah satu LSM di Sragen," katanya. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved