Breaking News:

Guru Berkarya

Efektivitas Penggunaan Twibbon untuk Pembelajaran di Era Generasi Z

Menghadapi generasi Z, seorang guru dituntut untuk selalu peka terhadap perkembangan teknologi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Sukma Kartika Abiddin SPd, Guru SDN Gulangpongge 01 Kabupaten Pati 

Oleh: Sukma Kartika Abiddin SPd, Guru SDN Gulangpongge 01 Kabupaten Pati

MENGHADAPI generasi Z, seorang guru dituntut untuk selalu peka terhadap perkembangan teknologi. Generasi Z adalah sebutan bagi generasi yang lahir antara tahun 1997 sampai dengan 2000-an.  Generasi tersebut dikatakan sebagai generasi yang masih muda dan tidak pernah mengenal kehidupan tanpa teknologi. Mereka dinilai sebagai generasi yang mahir tentang hal digital, ambisius, percaya diri, mempertanyakan otoritas, sering menghabiskan waktu sendiri, dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi.

Berdasarkan hasil Sensus Penduduk Tahun 2020, mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z. Sehingga mereka berperan penting terhadap perkembangan negara di masa depan. Oleh karena itu perlu adanya inovasi dalam bidang pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan siswa yang akan dihadapinya.

Salah satu langkah yang dapat diambil oleh guru yaitu dengan mengembangkan pembelajaran yang lebih berorientasi terhadap perkembangan teknologi dan media sosial menggunakan twibbon. Twibbon merupakan istilah yang merujuk pada suatu foto dengan bingkai menarik yang dapat mendukung kegiatan promosi atau kampanye.

Umumnya, twibbon akan disebarluaskan di berbagai media sosial yang ada. Penggunaan twibbon sangatlah mudah sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran dan akan menarik siswa khususnya di tingkat Sekolah Dasar untuk mengikuti pembelajaran. Misalnya pada kegiatan muatan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 4 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4 materi Pelaksanaan Kewajiban dan Hak sebagai Warga Masyarakat.

Susanto (2016:225) menyebutkan bahwa PPKn pada dasarnya merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai sarana pengembangan dan pelestarian nilai luhur dan moral budaya bangsa Indonesia. Tujuan pembelajaran PPKn secara umum adalah untuk membekali siswa menjadi warga negara yang baik, yakni cerdas dalam intelektual, emosional, sosial, dan spiritual; bangga dan bertanggung jawab terhadap negara; dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat dan negara

Melalui Twibbon, siswa diajak dapat berpartisipasi aktif. Pada materi Pelaksanaan Kewajiban dan Hak sebagai Warga Masyarakat, siswa bukan hanya diberi pengetahuan tentang teori saja melainkan untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya anak sebagai warga negara mesyarakat memiliki hak untuk minum atau mengonsumsi air bersih.

Di sisi lain, anak juga berkewajiban untuk menghemat air dengan cara menutup keran air setelah selesai digunakan. Setelah pemberian materi dari aspek pengetahuan dan keterampilan, siswa juga dibimbing untuk memiliki sikap disiplin.

Siswa diberi penugasan untuk mendokumentasikan pelaksanaan kewajibannya di lingkungan keluarga dan masyarakat. Kemudian foto tersebut dibuat twibbon melalui laman https://www.twibbonize.com/ dengan template yang disediakan guru. Setelah twibbon sudah jadi, siswa akan mengirimkan hasilnya kepada guru dan mengunggahnya di media sosial yang dimilikinya.

Dengan begitu akan terlihat pasrtisipasi akrif siswa dalam masyarakat. Dari sisi siswa, penugasan seperti ini tentunya akan meningkatkan motivasi mereka untuk aktif dan tertarik dengan segala sesuatu yang berbau teknologi.

Penulis selaku guru kelas IV SDN Gulangpongge 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati telah beberapa kali melaksanakan pembelajaran menggunakan twibbon dengan hasil yang menunjukkan bahwa siswa merasa tertarik dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka bahkan cukup penasarran dengan bagaimana cara penggunaan twibbon. Sehingga penulis juga berencana memanfaatkan fitur digital lain yang dapat meningkatkan kreatifitas siswa, namun tetap disesuaikan dengan materi pembelajaran yang ada. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved