Breaking News:

Berita Pati

Bupati Pati Haryanto Serahkan Sertifikat Tanah PTSL pada Ratusan Warga Desa Payang

Bupati Pati Haryanto secara simbolis menyerahkan sertifikat hak atas tanah pada masyarakat Desa Payang, Kecamatan Pati, Kamis (18/11/2021).

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Bupati Pati Haryanto secara simbolis menyerahkan sertifikat hak atas tanah pada masyarakat Desa Payang, Kecamatan Pati, Kamis (18/11/2021).

Sertifikat tanah yang dibagikan tersebut diterbitkan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Seremoni penyerahan sertifikat tanah dilakukan di Balai Desa Payang.

Kepala Desa Payang, Dewi Ernawati, mengatakan bahwa mulanya terdapat 850 bidang tanah milik warga yang diajukan dalam program PTSL.

“Namun, setelah sampai BPN (Badan Pertanahan Nasional), yang bisa diproses hanya 802, karena selebihnya ternyata sudah bersertifikat,” ucap dia.

Dewi mengatakan, biaya PTSL di Desa Payang ialah Rp 350 ribu. Masih lebih rendah dari batas maksimal yang berlaku di Pati, yakni Rp 400 ribu.

Ia menambahkan, sebagai bagian dari upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Pati, pihaknya menunda penyerahan sertifikat bagi warga yang belum disuntik vaksin.

“Untuk sementara, yang belum vaksin ditunda pembagiannya. Karena besok pagi di sini akan ada kegiatan vaksinasi,” ucap dia.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengatakan, pada 2021 ini, terdapat 70.780 bidang tanah di Pati yang didaftarkan dalam PTSL. Sejauh ini sudah sekira 68 ribu yang telah terbit sertifikatnya.

Kepada masyarakat Desa Payang, Haryanto mengatakan bahwa PTSL merupakan terobosan dari pemerintah pusat yang sangat memberi kemudahan pada masyarakat.

“Dengan biaya Rp 350 ribu warga Desa Payang sudah bisa dapat sertifikat tanah. Kalau disertifikatkan secara reguler biayanya jutaan. Belum lagi waktunya lama,” ucap dia.

Haryanto berharap, BPN Pati bisa menuntaskan penyertifikatan seluruh bidang tanah di Pati sesuai target.

“Target Presiden, pada 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia sudah tuntas disertifikatkan,” tandas dia. (mzk)

Baca juga: Dongeng Anak Sebelum Tidur Birbal dan Pengawal Tak Jujur

Baca juga: Chord Kunci Gitar Jakarta Ebiet G Ade

Baca juga: Bupati HM Hartopo Tak Ingin Ada Lagi Vaksin Kedaluwarsa di Kudus

Baca juga: Luna Maya Jadi RT di Kemang, IG Ramai Dikomen Seleb: Bikin Surat Pengantar Nikah Kemana ya

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved