Breaking News:

Berita Batang

Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar, Dinkes Batang Beri Edukasi Napza

Penyalahgunaan narkoba saat ini telah merambah di kalangan pelajar, penyebarannya pun dirasa sudah masif.

Penulis: dina indriani | Editor: m nur huda
Diskominfo Batang
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang menggelar sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada peserta didik tingkat SMP dan SMA di Gedung Pramuka, Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Penyalahgunaan narkoba saat ini telah merambah di kalangan pelajar, penyebarannya pun dirasa sudah masif.

Mengingat akan bahaya penyebarannya hingga wilayah Kabupaten Batang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang menggelar sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba kepada peserta didik tingkat SMP dan SMA.

Sekretaris Dinkes Batang, dr. Ida Susilaksmi mengatakan pelajar perlu diberikan pemahaman tentang jenis dan cara mengenalinya

Ada beberapa narasumber dari kalangan pemerhati masalah penyalahgunaan narkoba diundang untuk menyosialisasikan sekaligus memberikan edukasi tentang cara pencegahannya.

“Anak-anak kami edukasi macam-macam narkoba, efek buruknya yang akan merusak kesehatan. 

Mereka juga kami beri ciri-ciri fisik anak-anak yang mungkin menyalahgunakan obat-obatan terlarang serta cara menghindarinya,” tuturnya, Rabu (17/11/2021).

Menurutnya, pencegahan terhadap penyalahgunaan Narkoba, terhadap anak, terlebih setelah diizinkannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua.

“Setelah sekian lama anak-anak terkungkung di rumah, sekarang ada kesempatan PTM terbatas, ini memang menjadi kesempatan bagi mereka untuk bersosialisasi, maka saat bersosialisasi dengan teman, selain menjaga prokes, juga harus pandai menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba, maupun Pandemi Covid-19 yang masih terjadi,” jelasnya.

Pembina OSIS SMPN 1 Tulis, Sumardi mengatakan edukasi yang disampaikan pihak Dinkes menjadikan anak didik lebih waspada agar mengenali jenis-jenis obat-obatan terlarang, sehingga bisa menjauhi.

“Kami mengundang anak-anak pengurus OSIS, jadi bisa disampaikan kembali kepada teman-temannya,” ujarnya.

Ia mengharapkan, anak-anak didik ini memiliki masa depan, supaya dapat diraih dengan cemerlang, maka harus mengenal dan mewaspadai terutama ancaman penyalahgunaan narkoba.(din)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved