Breaking News:

Guru Berkarya

Ciptakan Media Interaktif berbasis Powepoint untuk Gawai

Pada proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk menyampai pesan pembelajaran.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: abduh imanulhaq
IST
Sukma Kartika Abiddin SPd, Guru SDN Gulangpongge 01 Kab Pati 

Oleh: Sukma Kartika Abiddin SPd, Guru SDN Gulangpongge 01 Kab Pati

DALAM proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting untuk menyampai pesan pembelajaran. Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar, ditentukan oleh dua unsur utama yaitu media pembelajaran dan metode mengajar. Kedua unsur ini saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Guru harus jeli memilih metode mengajar karena akan sangat berpengaruh pada jenis penggunaan media pembelajaran yang akan digunakan. Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu dalam pembelajaran yang dapat merangsang pikiran, menyalurkan pesan pembelajaran, dan dapat membangkitkan semangat, aktivitas dan partisipasi siswa. Sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar.

Pembelajaran dapat dikatakan efektif jika menggunakan media pembelajaran, siswa leboh memahami materi pelajaran yang disampikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran konvensional rentan membuat siswa bosan dan malah membuat siswa merasa kurang bersemangat.

Untuk menunjang lancarnya proses pembelajaran di kelas, guru harus berpikir kreatif dan inovatif. Misalnya melakukan inovasi terhadap media pembelajaran yang akan digunakan yakni dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif.

Salah satu media pembelajaran interaktif dengan menggunakan penggunaan komputer atau laptop. Penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap daya tarik siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan (Ali:2005).

Media pempelajaran interaktif dalam proses pembelajaran merupakan suatu produk atau alat yang dirancang dengan memanfaatkan komputer dengan menggunakan unsur seperti audio, visual, dan teks untuk menyampaikan suatu pesan pembelajaran. Bagi siswa sekolah dasar, penggunaan komputer memang masih sangat jarang, jadi dapat kita siasati dengan menggunakan gawai.

Penulis sebagai guru kelas 4 SD Negeri Gulangpongge 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati, menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Penulis juga pernah menjadi narasumber dalam Workshop pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) ini, juga mengaplikasikan media tersebut kepada siswa.

MPI yang dibuat oleh penulis tentang materi jenis-jenis pekerjaan Kelas 4 Tema 4 Subtema 1 Jenis-jenis pekerjaan. Untuk membuat media pembelajaran interaktif berbasis power point yang bisa dijalankan di gawai, kita harus mempersiapkan beberapa hal.

Langkah pertama, kita harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi yang akan disampaikan. Selanjutnya kita harus membuat bahan ajar pada materi terkait.

Langkah kedua, guru harus membuat media pembelajaran interaktif berbasis powepoint yang bisa dijalankan di gawai dimulai dengan mengumpulkan aset gambar dan suara yang mendukung MPI tersebut. Kita dapat membuat sendiri aset gambar atau mengunduh melalui situs freepik, pixabay, atau shutterstock.

Langkah ketiga, kita menyusun aset tersebut menjadi slide presentasi pada powerpoint. Pastikan slide tersebut sudah ada hyperlink dan trigger. Tambahkah animasi dan musik latar agar lebih menarik lagi. Langkah keempat adalah tahap uji coba. Pastikan hyperlink, animasi, dan music latar pada slide powerpoint dapat berfungsi dengan tepat.

Langkah kelima adalah menyimpan slide tersebut ke format powerpoint show atau (.pps). Langkah terakhir adalah mendistribusikan file  tersebut kepada siswa.

Sebelum digunakan di gawai siswa, pastikan gawai tersebut sudah terdapat aplikasi WPS Office. Aplikasi MPI tersebut sudah dapat diaplikasikan oleh siswa melalui gawai masing-masing. Penggunaan media pembelajaran interaktif tersebut mampu membantu siswa dalam meningkatkan motivasi, eksplorasi serta pemahaman siswa terhadap materi jenis-jenis pekerjaan yang diajarkan oleh guru. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved