Breaking News:

Berita Kudus

Hujan Deras, 40 Rumah dan 4 Sekolah di Desa Jojo Terendam Banjir

Sedikitnya 40 rumah di Desa Jojo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, terendam banjir akibat hujan deras sejak hari ‎Rabu (17/11/2021).

Penulis: raka f pujangga | Editor: Catur waskito Edy
BPBD Kudus
Aparat kebencanaan tengah me?mantau di Desa Jojo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, yang terendam banjir akibat hujan deras sejak hari ?Rabu (17/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Sedikitnya 40 rumah di Desa Jojo, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, terendam banjir akibat hujan deras sejak hari ‎Rabu (17/11/2021).

Menurut Kepala Desa Jojo, Samsul Hidayat, banjir setinggi 30 cm itu berasal dari luapan saluran air irigasi wilayah Krawang, Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus.

Banjir yang masih menggenangi sampai hari Kamis (18‎/11/2021), berdampak tingginya genangan air di beberapa jalan dan pemukiman warga mulai pukul 04.00.

"Curah hujan tinggi, hampir semua rumah terdampak. Tapi kalau yang masuk sampai ke dalam perkiraan 40 rumah," kata Samsul saat dihubungi Tribun Jateng, Kamis (18/11/2021).

Pihaknya sudah melaporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terkait luapan air irigasi yang memasuki lingkungan warganya.

‎Rumah warga yang terdampak berada di lingkunan RW 1 RT 1, sebanyak 40 rumah.

Kemudian RW 3, lingkungan RT 1, 2, 3, 4 sebanyak 185 rumah warga yang terdampak genangan air.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kudus, Budi‎ Waluyo menyampaikan, curah hujan yang sangat tinggi mengguyur wilayah kudus mulai pukul 19.00 - 22.30.

Akibatnya aliran irigasi pembuangan yag menuju ke Sungai Jojo yang bermuara di JU 1 tidak berjalan lancar karena JU 1 sebagai muara mengalami pendangkalan.

"Air yang melintasi saluran irigasi tidak berjalan lancar, jadi meluap ke pemukiman," kata dia.

Selain berdampak terhadap pemukiman, sebanyak tiga sekolah dasar di Desa Jojo dan satu madrasah ibtidaiyah terendam banjir.

"Air tidak masuk ke dalam kelas hanya di halaman sekolahan saja," ujarnya.

Bersama Pemdes Jojo pihaknya melaksanakan pemantauan situasi dan kondisi di wilayah serta koordinasi dengan instansi terkait.‎ (raf)

Baca juga: Dedi Mulyadi Murka Saat Pungut Sampah hingga Adu Mulut dengan Mahasiswa: Anda Harusnya Malu

Baca juga: Hasil Babak I Persikabo Vs PSIS Semarang BRI Liga 1 2021 0-2, Bruno Silva dan Costa Cetak Gol

Baca juga: Sedang Berlangsung The Daddies Vs Hoki/Kobayashi Indonesia Masters, Tonton Live Streaming di Sini

Baca juga: 10 Aplikasi Penghasil Uang Kerja Online Isi Survei dan Klik Iklan Dapat Duit

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved