Breaking News:

Guru Berkarya

Menerapkan Video Pembelajaran Mengenal Lingkungan Sekitar

Proses pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru terutama pendidikan anak usia dini untuk menyampaikan materi secara langsung.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kodriyah SPdAUD, Guru TK Pertiwi Cibiyuk Kec Ampelgading Kab Pemalang 

Oleh: Kodriyah SPdAUD, Guru TK Pertiwi Cibiyuk Kec Ampelgading Kab Pemalang

PROSES pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru, terutama pendidikan anak usia dini, untuk menyampaikan materi secara langsung di kelas terkubur oleh bencana Covid-19. Kondisi ini memaksa guru sebagai tenaga pendidik mengubah pola pembelajarannnya.

Proses pembelajaran harus segera bertransformasi menggunakan E-learning atau melalui media online. Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh.

Proses pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka tetapi harus menggunakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran dilakukan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio dan televisi.

Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya. Sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan.

Seorang anak didik yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Semangat belajar dapat dimiliki anak didik dengan meningkatkan motivasi belajar.

Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar anak didik.

Dalam rangka peningkatan motivasi anak didik untuk belajar dan mengikuti pembelajaran, guru perlu mencoba media pembelajaran yang menawarkan desain dan dapat dimanfaatkan melakukan proses pembelajaran. Berbagai sarana harus dimanfaatkan guru sebagai media pembelajaran.

Proses pembelajaran secara online tidak dapat dilepaskan dengan pemanfaatan media pembelajaran secara maksimal. Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto (2013: 8) menjelaskan media pembelajaran juga merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna

Media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan anak didik mempelajari materi pelajaran. Di samping guru sebagai fokus penggunaan media pembelajaran, anak didik juga tidak terlepas dari pertimbangan pemanfaatan media pembelajaran.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved