Breaking News:

Berita Karanganyar

Pegawai DPMPTSP Karanganyar Slup-slupan, Kirab Bawa Bibit Bambu, Pohon Tebu dan Kendi

Pegawai DPMPTSP Kabupaten Karanganyar gelar slup-slupan, selamatan sebelum pindah kantor.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Agus Iswadi
Pegawai DPMPTSP Karanganyar berjalan kaki membawa bibit tebu, bambu dan kendi dari kantor lama di sekitar Jalan Lawu menuju kantor baru di MPP Karanganyar, Kamis (18/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karanganyar menggelar slup-slupan atau tradisi selamatan sebelum berpindah dari kantor lama ke kantor baru di Kantor Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis (18/11/2021). 

Dari pantauan Tribunjateng.com, sejumlah pegawai melakukan kirab dengan berjalan kaki sejauh sekitar 2,1 km dari kantor lama yang berada di sekitar Jalan Lawu  ke kantor baru bertempat di Kelurahan Lalung.

Para pegawai laki-laki terlihat mengenakan beskap. Sedangkan pegawai perempuan mengenakan kebaya. 

Dalam kirab tersebut mereka juga membawa bendera merah putih dan bendera Kabupaten Karanganyar, bibit pohon bambu, pohon tebu, dan kendi berisi air dari tujuh sumber mata air.

Beberapa barang yang dibawa tersebut memiliki makna tersendiri bagi para pegawai. 

"Hari ini kita melakukan prosesi pindahan dari kantor lama ke kantor baru, meski secara realitas tidak hari ini langsung pindah. Tetapi kami sudah punya niat baik supaya nantinya diberi kemudahan, keamanan dan kelancaran dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala DPMPTSP Karanganyar, Timotius Suryadi usai acara boyongan, Kamis (18/11/2021). 

Dia menyampaikan, beberapa barang yang dibawa oleh pegawai DPMPTSP saat melakukan kirab memiliki makna tersendiri.

Beberapa barang itu di antaranya, bendera merah putih, bendera lambang daerah, kotak arsip, kendi berisi air dari tujuh sumber mata air, kembang setaman, bibit pohon tebu dan pohon bambu. 

"Pohon tebu sebagai wujud anteping kalbu kita, pohon bambu memiliki filosofi kuat. Kendi berisi air dari 7 sumber mata air bentuk perlambangan berbagai latar belakang, kembang setaman sebagai cita-cita luhur dan semua pegawai jalan kaki ke sini, kita ingin membumi, kita tidak akan keluar dari jati diri kita sebagai bagian dari masyarakat," ungkapnya. 

Timo sapaan akrabnya menyampaikan, direncanakan uji coba MPP Karanganyar dilakukan pada Desember 2021 sembari menunggu kelengkapan baik sarana dan prasarana serta interior. 

Adapun di dalam MPP Karanganyar akan ada 23 instansi vertikal dan kabupaten yang menjadi mitra kerja sama dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

Sementara itu terkait pemanfaatan kantor lama tergantung keputusan dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved