Breaking News:

Berita Pendidikan

Peringati HKN, FKIK UKSW Edukasi Warga Samirono

Memperingati Hari Kesehatan Nasional dan World Diabetes Day tahun 2021, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana

Penulis: hermawan Endra | Editor: rival al manaf
Dokumentasi UKSW
Memperingati Hari Kesehatan Nasional dan World Diabetes Day tahun 2021, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun Samirono, Getasan Kabupaten Semarang, Sabtu (13/11/2021).  

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Memperingati Hari Kesehatan Nasional dan World Diabetes Day tahun 2021, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun Samirono, Getasan Kabupaten Semarang, Sabtu (13/11/2021). 

Enam mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pangan dan Program Studi Keperawatan didampingi empat dosen turun langsung dalam kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Kepala Desa Samirono ini.

Tidak hanya itu, FKIK juga menggandeng Dukungan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah dan Yayasan Sion.

Baca juga: Tahukah Anda, Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh Jika Mengonsumsi Jahe Setiap Hari 

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian Jumat 19 November 2021, Ini Daftar Lokasi yang Bisa Menyaksikannya

Baca juga: Bambang Pacul Ditunjuk Jadi Ketua Komisi III DPR RI Gantikan Herman Hery

Mengangkat tema “Sehat Negriku, Tumbuh Indonesiaku”, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini diawali dengan edukasi pola hidup bersih dan sehat terkait peningkatan aktivitas fisik sebagai upaya pencegahan terjadinya non communicable disease atau penyakit tidak menular.

“Kita mengedukasi warga perihal beberapa aktivitas fisik yang dapat dilakukan seperti melakukan olahraga rutin berupa jalan pagi atau sore, bersepeda bersama anggota keluarga, mengerjakan kegiatan rumah tangga dan juga menghindari gaya hidup mager atau malas gerak. Peningkatan aktivitas fisik ini mempunyai pengaruh yang baik untuk mencegah penyakit tidak menular,” terang Ns. Nining Puji Astuti, S.Kep., M.Kep, CWCCN pemateri sekaligus ketua panitia.

Kegiatan yang diikuti setidaknya 50 ibu-ibu warga Desa Samirono itu juga diisi dengan penjelasan seputar peningkatan aktivitas fisik untuk meningkatkan kesehatan mental di masa pandemi Covid-19. 

Abdul Wakhid, M.Kep., Ns., Sp..Kep.J., perwakilan dari DPW PPNI Jawa Tengah berkesempatan menjadi pemateri.

 “Tak hanya itu, peserta juga diberikan pelatihan pengemasan produk olahan pangan agar menarik dan memiliki daya saing."

"Sebagai desa yang memiliki produk unggulan susu dan sayuran segar dan masyarakatnya kami memberikan demo pengolahan pangan lokal berbasis sayuran."

"Peserta kami ajak membuat biskuit berbahan dasar kubis ungu, selai berbahan dasar tomat dan nugget berbahan dasar wortel,” imbuh Nining Puji Astuti.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved