Breaking News:

Berita Tegal

Perjuangan Nakes untuk Vaksinasi Warga di Pelosok Dukuh Karangsari, Akses Sulit dan Jarak 15 Km

Program percepatan vaksinasi di Tegal sedang digencarkan, tak terkecuali di desa terpencil.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Desta Leila Kartika
Kendaraan rombongan tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Jatinegara, saat perjalanan menuju Dukuh Karangsari, Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, daerah yang sangat terpencil dan akses jalan yang cukup ekstrem, Kamis (18/11/2021). Adapun tujuan ke lokasi tersebut untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Program percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal sedang digencarkan, tak terkecuali di d

Warga Dukuh Karangsari, Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, saat mendapat suntik vaksin Covid-19 jenis sinovac, Kamis (18/11/2021).
Warga Dukuh Karangsari, Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, saat mendapat suntik vaksin Covid-19 jenis sinovac, Kamis (18/11/2021). (Tribun Jateng/Desta Leila Kartika)

esa terpencil, pelosok, yang aksesnya sangat sulit dijangkau bahkan harus menggunakan mobil khusus supaya bisa sampai tujuan.

Inilah potret perjuangan yang harus dilakukan dan dilalui oleh tim tenaga kesehatan dari UPTD Puskesmas Jatinegara Kabupaten Tegal, saat melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal di Dukuh Karangsari, Desa Wotgalih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

Melakukan persiapan sejak pagi hari dan berkumpul di halaman Puskesmas Jatinegara, tim nakes yang terdiri dari dua dokter, tiga perawat, dua bidan, berangkat menggunakan tiga mobil yang biasanya digunakan untuk offroad.

Turut berpartisipasi untuk mengamankan dan mengawal proses vaksinasi, anggota Polsek Jatinegara, Danramil Jatinegara, Koramil Jatinegara, dan Camat Jatinegara Edi Marsisno.

Akses menuju Dukuh Karangsari cukup ekstrem, karena jalan tidak semuanya diaspal atau beton, melainkan masih berbatu, berlumpur, dan harus melewati hutan jati yang sangat luas.

Jaraknya sendiri tidak main-main yaitu jika dari Puskesmas Jatinegara kurang lebih sekitar 15 kilometer (1 jam), itu pun hanya bisa diakses menggunakan mobil offroad dan sepeda motor khusus, karena jalan yang memang cukup sulit terlebih jika terjadi hujan.

Bahkan menurut cerita salah satu Nakes, jika tidak ada kendaraan yang bisa digunakan maka ia memilih untuk jalan kaki supaya bisa sampai ke Dukuh Karangsari.

Sampai di lokasi vaksinasi di SDN Negeri Wotgalih 03, sebagian warga sudah ada yang menunggu dan sebagian lagi baru menyusul setelah melihat rombongan datang.

Warga cukup antusias, hal ini terlihat dari antrean warga yang memenuhi bagian depan dan dalam ruangan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved