Breaking News:

Berita Internasional

Salip Amerika, China Jadi Negara Terkaya di Dunia

Predikat negara paling kaya di dunia kini disandang oleh saingan utama AS, yaitu China.

The Guardian
Bendera Republik Rakyat China 

TRIBUNJATENG.COM, WASHINGTON -- Saat ini, Amerika Serikat (AS) bukan lagi negara terkaya di dunia.

Predikat negara paling kaya di dunia kini disandang oleh saingan utama AS, yaitu China.

Berdasarkan laporan baru yang dirilis oleh badan penelitian konsultan McKinsey & Co, total kekayaan global telah meningkat tiga kali lipat selama dua dekade terakhir.

Baca juga: Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia, Berambisi Bangun Pabrik Tesla di Mars

Melansir The Strait Times, kesimpulan ini didapat McKinsey & Co setelah meneliti neraca nasional sepuluh negara yang mewakili lebih dari 60% pendapatan dunia.

"Kita sekarang lebih kaya dari sebelumnya," kata Dr Jan Mischke, mitra di McKinsey Global Institute di Zurich, dalam sebuah wawancara.

Menurut penelitian tersebut, kekayaan bersih di seluruh dunia naik menjadi US$ 514 triliun pada tahun 2020 dari US$ 156 triliun pada tahun 2000.

China menyumbang hampir sepertiga dari peningkatan tersebut.

Kekayaannya meroket menjadi US$ 120 triliun dari hanya US$ 7 triliun pada tahun 2000, setahun sebelum bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia, mempercepat kenaikan ekonominya.

Amerika Serikat, yang tertahan oleh kenaikan harga properti yang lebih rendah, mencatat nilai kekayaan bersihnya naik lebih dari dua kali lipat selama periode tersebut menjadi US$ 90 triliun.

Di kedua negara tersebut, lebih dari dua pertiga kekayaan dipegang oleh 10% rumah tangga terkaya, dan nilai kekayaan mereka telah meningkat, kata laporan itu.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved