Breaking News:

Pulihkan Ekonomi Indonesia

Sambut Pemulihan Ekonomi, Simak Cara-cara Kreatif Bikin UMKM Lokal Naik Kelas!

Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang begitu signifikan bagi pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Pengunjung berbelanja produk UMKM di salah satu stand pada gelaran Pasar Kreatif Bandung di Paris Van Java (PVJ), Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/9/2021). Pameran yang berlangsung dari 24 September hingga 3 Oktober 2021 itu dalam rangka pemulihan ekonomi Kota Bandung dan rangkaian acara Hari Jadi Kota Bandung ke-211. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang begitu signifikan bagi pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Mengutip data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM), pada Maret 2021, tercatat jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen atau senilai Rp8.573,89 triliun.

Mengingat kontribusi UMKM begitu besar, pemerintah pun memfokuskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan penguatan sektor UMKM, dengan tujuan agar pelaku UMKM dapat bertahan dan terus berkembang di tengah tantangan pandemi.

Untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui penguatan sektor UMKM, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga turut memberikan kemudahan jangkauan akses layanan keuangan dan pembiayaan kepada para pelaku UMKM untuk membantu mereka berkembang dan naik kelas.

Hal ini pun turut tercermin dari catatan kinerja positif Bank BRI hingga akhir kuartal III-2021, di mana penyaluran kredit pada akhir September 2021 mencapai Rp1.026,42 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, salah satu faktor utama penopang pertumbuhan kredit konsolidasian BRI adalah penyaluran kredit segmen UMKM.

Tak hanya penyaluran kredit, dukungan terhadap sektor UMKM di seluruh penjuru Indonesia juga ditunjukkan melalui cara-cara yang segar nan kreatif. Hal ini terlihat dalam program LokalBRIcerita, inisiasi BRI bersama Tribun Network.

Bertajuk “LokalBRIcerita, Seribu cerita bangkit dari penjuru Indonesia”, program ini dihadirkan dengan serangkaian kegiatan yang berfokus pada pelaku UMKM.

Melalui LokalBRIcerita, masyarakat Indonesia bisa melihat bagaimana kisah pelaku UMKM mengambil peran dalam pemulihan ekonomi serta dapat turut serta membagikan cerita mengenai kondisi pelaku UMKM di daerahnya masing-masing.

Berikut informasi lebih lengkap mengenai beragam kegiatan pada program LokalBRIcerita, kerja sama Tribun Network bersama BRI.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved