Breaking News:

Berita Kendal

Vaksinasi Lansia di Kendal Baru Mencapai 59 Persen

Progres percepatan vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga lansia di Kab Kendal tersendat.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: sujarwo
TRIBUNJATENG/SAIFUL MA'SUM
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Gemuh, Kamis (18/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Progres percepatan vaksinasi Covid-19 yang menyasar warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Kendal tersendat.

Saat ini, capaian vaksinasi lansia masih tertahan di angka 59 persen sehingga Kabupaten Kendal masih bertahan di level 2 PPKM.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Budi Mulyono mengatakan, data sasaran vaksinasi lansia dengan usia di atas 60 tahun berjumlah 93.000 orang.

Namun, hingga saat ini baru 50 ribuan orang yang sudah divaksin. Masih tersisa 40 ribuan lansia yang belum mendapatkan suntikan vaksin dosis satu ataupun dosis dua.

Sementara capaian vaksinasi secara umum Kabupaten Kendal sudah tembus di angka 82 persen dari target 802.190 jiwa.

"Iya vaksinasi lansia belum sampai 60 persen, kurang sedikit. Sasarannya yang semakin langka karena banyak faktor, ada yang komorbid, tinggal di luar daerah, kendala transportasi, ada juga yang masih belum mau atau takut," terangnya, Kamis (18/11/2021).

Untuk mendukung percepatan vaksinasi lansia, Budi mendorong petugas kesehatan di tiap-tiap puskesmas agar lebih aktif mencari sasaran secara door to door. 

Ia mengapresiasi beberapa kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan instansi atau lembaga lain dengan dilengkapi armada antar jemput peserta vaksin.

Sehingga, masyarakat yang terkendala transportasi bisa dimudahkan dalam menjangkau tempat-tempat vaksinasi. 

"Prioritasnya memang lansia, namun vaksinasi umum tetap dilayani, termasuk guru dan pelajar di atas usia 12 tahun," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved