Breaking News:

Universitas Ivet Semarang

Hibah PKKM Prodi PVTM Universitas Ivet Gelar Lokakarya Peningkatan Kesiapan Kerja Lulusan

Universitas Ivet selengarakan kegiatan lanjutan lokakarya guna peningkatan kesiapan kerja para lulusan selama 2 hari di Hotel Norman.

Editor: abduh imanulhaq
UNIVERSITAS IVET
Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono memberikan sambutan dalam lokakarya peningkatan kesiapan kerja para lulusan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin (PVTM) Universitas Ivet Semarang menggelar kegiatan lanjutan lokakarya guna peningkatan kesiapan kerja para lulusan di Hotel Norman, Kamis-Jumat ( 18-19/11/2021).

Lokakarya Penyusunan Perangkat Uji Kompetensi dan Verifikasi Tempat Uji Kompetensi ini menghadirkan narasumber dari Asesor BNSP yaitu Ir Sumardi dan Sulistyo MM.

Ketua panitia Dr Sena Mahendra menjelaskan lokakarya ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan implementasi dari hibah program kompetensi kampus merdeka (PKKM) yang sudah diselengarakan sejak September 2021 lalu.

"Salah satu tujuan hibah PKKM ini adalah peningkatan kualitas calon lulusan dan dosen. Maka dari itu ketua tim task force PKKM Bayu Ari Wibowo yang juga Ketua Prodi PVTM Unisvet pada hari ini menyelenggarakan kegiatan karya penyusunan perangkat uji kompetensi dan verifikasi tempat uji kompetensi. Sebelumnya tim task force juga telah sukses dengan beberapa kegiatan antara lain sudah menyusun panduan uji kompetensi bagi mahasiswa dan menyusun beberapa skema uji kompetensi," ujarnya.

Ir Sumardi master asesor BNSP memaparkan materi dalam kegiatan lokakarya peningkatan kesiapan kerja lulusan para lulusan dari prodi PVTM
Ir Sumardi master asesor BNSP memaparkan materi dalam kegiatan lokakarya peningkatan kesiapan kerja lulusan para lulusan dari prodi PVTM (IST)

Dr. Sena Mahendra menambahkan dosen yang mengikuti lokakarya ini ada 17 orang dari 2 program studi yaitu Prodi PVTM dan PVTO.

"Harapannya yang pertama dapat tersusunnya perangkat uji kompetensi dalam bidang otomotif. Kedua, tersedianya tempat uji kompetensi yang sesuai dengan persyaratan kompetensi. Ketiga, tersusunnya perangkat uji kompetensi dan ketersediaan alat supaya cepat meningkatkan kompetensi," jelasnya.

Ketua panitia lokakarya menambahkan dari kegiatan ini mempunyai sarana dan fasilitas tempat uji kompetensi.

"Nanti kita bisa menyusun atau mendapatkan pedoman praktikum sesuai standar peralatan industri. Kemudian kita punya tempat uji kompetensi yang sesuai dengan persyaratan,"imbuhannya.

Rektor Universitas Ivet Prof Dr Rustono dalam sambutannya menyampaikan  lokakarya yang telah diadakan oleh prodi yang menerima hibah harus bisa bermanfaat untuk seluruh prodi.

"Harapan kami lulusan Universitas Ivet bisa siap dan langsung bekerja. Maka dari itu kita bekali sejak awal dengan sertifikat uji kompetensi agar supaya begitu lulus langsung dilirik oleh perusahaan besar. Kami juga berterima kasih kepada para narasumber yang sudah sejak awal membimbing dosen kami sehingga manfaat dari hibah ini bisa menjadikan Universitas Ivet semakin maju," tuturnya.

Prof Rustono menambahkan setelah semua lokakarya selesai, dosen yang mengikuti kegiatan tersebut harus benar-benar bisa menjadi asesor yang berkompeten.

Kemudian mempersiapkan lulusan dengan baik sehingga mereka akan terserap dengan baik oleh berbagai perusahaan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved