Breaking News:

Guru Berkarya

Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Baik Meningkatkan Kinerja Guru

Lembaga pendidikan termasuk sekolah memiliki berbagai unsur penting yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan kegiatannya.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Kasmoin SPdSD, Kepala SDN Candi Kec Bandar Kab Batang 

Oleh: Kasmoin SPdSD, Kepala SDN Candi Kec Bandar Kab Batang

LEMBAGA pendidikan termasuk sekolah memiliki berbagai unsur penting yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan kegiatannya. Kepala sekolah merupakan salah satu unsur tersebut yang sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah sekolah.

Wahjosumidjo (2003: 83) mengungkapkan kepala sekolah adalah seorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Perkembangan suatu sekolah tidak terlepas dari kepemimpinan dari kepala sekolah.

Kepala sekolah juga memegang peran dalam meningkatkan kinerja unsur yang lainnya terutama guru sebagai tenaga pendidik di sekolah. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah turut andil dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran di kelas seperti yang dilakukan kepala sekolah di SDN Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Kebijakan yang dikeluarkan kepala sekolah berpengaruh terhadap guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai pendidik.

Peran kepala sekolah sebagai pemimpin dapat menentukan tinggi rendahnya kinerja guru di sekolah dan dapat memberi pengawasan dalam meningkatkan kualitas kinerja. Oleh karena itu, kinerja guru akan meningkat ketika kepala sekolah memberikan pendampingan secara baik dalam bentuk memimpin, mengontrol, memberikan motivasi dan memberikan evaluasi.

Kepala sekolah termasuk sebagai agen perubahan dalam sekolah dan mempunyai peranan aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kepala sekolah harus mempunyai kemampuan leadership yang baik.

Kepala sekolah yang baik adalah kepala sekolah yang mampu dan dapat mengelola semua sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kepala sekolah yang baik juga dapat memimpin unsur pendukung lain dalam mengelola segala kegiatan yang terkait.

Memimpin dapat didefinisikan sebagai kegiatan mempengaruhi orang untuk mencapai tujuan atau menumbuhkan kepemimpinan anak buah. Perilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat, dan penuh pertimbangan terhadap para guru, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok. Kepemimpinan merupakan suatu proses mempengaruhi orang lain dengan cara menyampaikan tujuan, petunjuk dan motivasi untuk dilaksanakan agar tujuan tercapai dan kemajuan organisasi.

Sutisna yang dikutip oleh E. Mulyasa (2011: 107) menjelaskan kepemimpinan adalah proses mempengaruhi kegiatan seseorang atau kelompok dalam usaha kearah pencapai tujuan dalam situasi tertentu. Pemimpin harus memiliki kemampuan transformatif untuk dapat melakukan adaptasi dengan perubahan.

Pemimpin diharapkan juga dapat mentransfer berbagai perubahan yang terjadi untuk kepentingan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru. Pemimpin yang berkarisma memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

Kepemimpinan transformasional adalah sifat karismatik yang kuat sehingga mampu mempengaruhi guru yang dipimpinnya. Pemimpin harus memiliki kemampuan berhubungan dengan bawahan (human skill), dan berupaya untuk pengembangan karier bawahan.

Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab kepala sekolah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di sekolah. Etos kerja dan produktivitas yang tinggi akan muncul secara otomatis dalam mencapai tujuan.

Fungsi kepemimpinan ini amat penting sebab disamping sebagai penggerak juga berperan untuk melakukan kontrol segala aktivitas guru, karyawan dan unsur pendukung lainnya di lingkungan sekolah. Keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikan yang dituangkan dalam visi dan misi sekolah tidak lepas dari seorang pemimpin yaitu kepala sekolah dengan menerapkan gaya atau pola kepemimpinan untuk mencapai tujuan dimaksud.

Untuk itu disarankan kepada kepala sekolah untuk menguasai pola atau gaya kepemimpinan dalam memimpin sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah ternyata sangat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja unsur pendukung pendidikan lainnya dan dapat berpengaruh terhadap mutu suatu sekolah. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved