Breaking News:

Guru Berkarya

Media Pembelajaran Kliping Dapat Meningkatkan Semangat Belajar PAI

Dunia telah memasuki revolusi industri yang merupakan tahapan dari perkembangan zaman.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Arifin Fajar Hidayat SAg, Guru SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan 

Oleh: Arifin Fajar Hidayat SAg, Guru SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan

DUNIA telah memasuki revolusi industri yang merupakan tahapan dari perkembangan zaman. Manusia harus dapat menyesuaikan perkembangan tersebut termasuk adaptasi dalam bidang pendidikan.

Pendidikan tidak dapat menghindar dari segala kemajuan yang terjadi terutama dalam bidang teknologi. Pendidikan harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi menjadi sarana dalam menyongsong masa depan. Unsur-unsur penunjang pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus agar tidak tertinggal dengan segala perubahan itu.

Proses pembelajaran merupakan salah satu unsur pendidikan yang memiliki posisi penting dalam menghadapi perubahan. Proses pembelajaran merupakan garis terdepan sebagai unsur pendidikan yang bersentuhan langsung dengan subjek pendidikan. Proses pembelajaran dapat dijadikan sebagai cerminan kualitas pendidikan.

Pendidikan akan memiliki kualitas yang baik ketika proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara profesional dan proporsional. Proses pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar termasuk dalam menyampaikan pembelajaran PAI dan BP di kelas 8 SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten Pekalongan.

Oemar Hamalik (2006: 239) menjabarkan bahwa proses pembelajaran merupakan suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran akan dapat berjalan semestinya ketika komponen-komponen pendukungnya bersinergi dalam implementasinya.

Guru sebagai salah satu dari komponen penting dalam proses pembelajaran tidak akan dapat dilepaskan. Guru akan mengatur dan mengelola proses pembelajaran secara komprehensif termasuk pemanfaatan media pembelajaran. proses pembelajaran tidak akan dapat teraplikasi secara lengkap tanpa menggunakan media pembelajaran.

Media pembelajaran akan mempermudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Media pembelajaran juga akan dapat mengantarkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut Asyhar (2012: 8), media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar kondusif dan penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif. Penyajian media pembelajaran tidak dapat serta merta diterapkan secara random dalam proses pembalajaran. Penggunaan media pembelajaran harus menyesuaikan jenjang pendidikan terutama pendidikan dasar.

Siswa akan mudah menerima proses pembelajaran dengan media yang sederhana, efektif dan mudah diterapkan. Salah satu media pembelajaran yang sesuai adalah Kliping. Pada pelaksanaan proses pembelajaran, kliping adalah media pembelajaran yang mudah dibuat dan di praktekkan.

Media pembelajaran kliping sangat tepat guna menyampaikan pembelajaran PAI dan BP kelas delapan KD. 3.3 Memahami makna Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan 32 serta Hadis terkait yang berisi tentang perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran. Proses pembelajaran diawali dengan pemberian perintah kepada siswa untuk membawa berbagai koran yang berisi tentang kejadian yang disebabkan minuman keras, judi, dan pertengkaran.

Guru menjelaskan kompetensi dasar, tujuan pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan. Kemudian guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 orang. Guru menjelaskan langkah-langkah pembuatan kliping.

Perlengkapan pendukung yang diminta guru dibawa pada pertemuan sebelumnya untuk dipersiapkan seperti gunting, lem dan kertas HVS yang akan digunakan untuk menempelkan gambar. Guru meminta siswa memotong gambar dan berita yang dijelaskan di koran.

Potongan koran ditempelkan pada kertas yang telah dilumuri dengan lem. Guru memberikan batas waktu dalam pengerjaannya. Semua kelompok siswa nampak bersemangat dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Pemanfaatan media sederhana dalam proses pembelajaran di era yang penuh kemajuan masih relatif efektif dan efisien. Proses pembelajaran berjalan dengan penuh semangat dan menyenangkan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved