Breaking News:

Guru Berkarya

Mengaplikasikan Snowball Throwing dalam Pembelajaran Energi

Salah satu bagian penting dalam tumbuh kembangnya generasi bangsa adalah melalui pendidikan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Suharno SPdSD, Guru SDN 03 Kayupuring Kec Petungkriyono Kab Pekalongan 

Oleh: Suharno SPdSD, Guru SDN 03 Kayupuring Kec Petungkriyono Kab Pekalongan

SALAH satu bagian penting dalam tumbuh kembangnya generasi bangsa adalah melalui pendidikan. Pendidikan harus memiliki sifat yang dinamis dalam memberikan sarana pembelajaran dan meningkatkan mutu pendidikan.

Pendidikan yang dinamis mengandung makna bahwa pendidikan terutama unsur-unsur pendukung pendidikan harus mampu melakukan perubahan yang menyesuaikan dengan perkembangan dan perubahan zaman. Unsur-unsur pendukung pendidikan diantaranya adalah guru sebagai pendidik, proses pembelajaran dan berbagai sarana pendukung dalam berlangsungnya pembelajaran.

Proses pembelajaran  menjadi unsur penting selanjutnya setelah guru dalam pendidikan. Proses pembelajaran disajikan guru di kelas jenjang pendidikan dasar menjadi modal urgen dalam menanamkan pondasi ke jenjang berikutnya guna memenuhi pokok penting dalam pendidikan.

Penyajian proses pembelajaran di kelas oleh guru harus menawarkan kreativitas dan inovasi yang tinggi. Akan tetapi, kreativitas dan inovasi pembelajaran tidak dapat lepas dari pelibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Siswa perlu diajak merancang pembelajaran yang tepat dan menyenangkan. Masih banyak guru yang melaksanakan proses pembelajaran seenaknya sendiri tanpa mempedulikan siswanya.

Guru menganggap bahwa dirinya adalah yang mengetahui semua ilmu yang diajarkan. Siswa hanya diposisikan sebagai pendengar setia dan sangat pasif seperti yang terjadi di SDN 03 Kayupuring Kec. Petungkriyono Kab. Pekalongan.

Perkembangan zaman harusnya telah mampu merubah guru ke dalam kelompok yang melek teknologi. Guru mampu bertransformasi diri dengan merencanakan dan melaksanakn pembelajaran yang menarik.

Guru perlu memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran untuk bersikap aktif dan kooperatif. Kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa dalam kelompok disebut dengan Cooperative Learning atau pembelajaran kooperatif.

Ngalimun (2017: 330) menjabarkan Cooperative Learning atau pembelajaran kooperatif merupakan kegiatan pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok yang beranggotakan 4-5 peserta didik heterogen (kemampuan, gender, karakter) untuk bekerja sama saling membantu mengkonstruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang menerapkan prinsip pembelajaran kooperatif yang sederhana dan praktis serta dapat meningkatkan semangat siswa mengikuti pembelajaran.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved