Breaking News:

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Pernah Derita Kanker Usus hingga Jadi Peneliti Covid-19, Dosen UMP Susanti Raih Penghargaan 

Pernah Derita Kanker Usus hingga Jadi Peneliti Covid-19 di Inggris, Dosen UMP Susanti Raih Penghargaan di Bidang Ilmu Pengetahuan.

Editor: abduh imanulhaq
UMP PURWOKERTO
Apt Susanti MPhil PhD, dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Apt Susanti MPhil PhD, dosen Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah menjadi salah seorang diaspora Indonesia yang ikut dalam Konsorsium Riset dan inovasi Covid-19.

Dia juga meneliti kanker usus besar yang pernah ia derita.

Saat ini Susanti, lewat start-up yang ia dirikan, PathGen Diagnostik Teknologi, sedang mengembangkan produk tes genetik untuk pasien kanker usus yang berbiaya terjangkau didanai oleh Islamic Development Bank.

Ia berharap tes ini nanti bisa digunakan secara luas di Indonesia dan negara berkembang lain.

Sehingga membantu dokter dan farmasis untuk memberikan terapi yang lebih tepat dan juga memprediksi apakah ada risiko penyakit ini diturunkan dalam keluarga.

Dosen UMP yang tengah menempuh studi patologi molekuler dan genetika di Sekolah Kedokteran University of Nottongham, Inggris, ini berusaha mengambil peran dalam penanganan pandemi di Indonesia.

Berkat pengabdiannya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, Susani berhasil meraih piagam penghargaan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Piagam tersebut diberikan saat resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah dengan tema “Optimis hadapi Covid-19: Menebar Nilai Utama” di Yogyakarta, Kamis (18/11/2021).

“Mata berkaca menahan haru. Syukur dan bangga. Prestasi dosen kita ibu Santi dari Fakuktas Farmasi yang membuat nama UMP bergema di Milad Muhammadiyah 109. Alhamdulillah. Semoga beliau senantiasa diberi kesehatan dan semakin berprestasi,” kata Rektor UMP Dr Jebul Suroso seusai menerima penghargaan mewakili Susanti yang masih di Inggris.

Rektor UMP Dr Jebul Suroso saat menerima Piagam Penghargaan dalam Milad ke-109 Muhammadiyah dengan tema “Optimis hadapi Covid-19: Menerbar Nilai Utama” di Yogyakarta 18 Novermber 2021
Rektor UMP Dr Jebul Suroso saat menerima Piagam Penghargaan dalam Milad ke-109 Muhammadiyah dengan tema “Optimis hadapi Covid-19: Menerbar Nilai Utama” di Yogyakarta 18 Novermber 2021 (IST)

Pengabdian Susanti berawal ketika ada kasus terkonfirmasi positif di Indonesia ia menawarkan diri untuk ikut serta mengambil peran.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved