Breaking News:

Berita Video

Video Indahnya Kerajinan dari Limbah Kayu dan Buah Mahoni

Pria lulusan perguruan tinggi jurusan seni rupa itu kemudian mengembangkan kembali ide-ide lainnya.

Penulis: dina indriani | Editor: abduh imanulhaq

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Berikut ini video indahnya kerajinan dari limbah kayu dan buah mahoni.

Berbekal kecintaannya terhadap karya seni rupa, Ngatimin (54) warga Desa Sempu, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah membuat berbagai kerajinan dari limbah kayu.

Tidak hanya kayu, dari tangan terampil Ngatimin buah mahoni juga disulap menjadi beragam kerajinan yang bernilai ekonomis.

"Karena banyak limbah kayu di lingkungan sekitar tempat tinggal, saya pun berfikir sayang kalau tidak dimanfaatkan, akhirnya dari limbah kayu jati yang pertama saya buat itu cermin bulat," tuturnya, Rabu (17/11/2021).

Pria lulusan perguruan tinggi jurusan seni rupa itu kemudian mengembangkan kembali ide-ide lainnya.

"Kalau saya setiap membuat karya kerajinan menyesuaikan limbah yang ada, jadi apa yang ada ya saya berkreasi untuk mencari ide misalnya ini bahannya cocok dibuat apa ya, jadi semua limbah bisa termanfaatkan, saya juga observasi dulu seberapa kuat bahan itu dan lainnya," ujarnya.

Dengan kejeliannya terhadap lingkungan, Ngatimin juga menjadikan buah mahoni yang telah jatuh dari pohon untuk dikaryakan.

"Saya dan istri yang memungutinya sendiri, karena kami fikir daripada mengotori lingkungan saya ambil dan jadi beberapa produk, di sini juga banyak sekali pohon mahoni, jadi untuk bahan baku InsyaAllah tidak kesulitan," imbuhnya.

Ada berbagai macam dan variasi kerajinan yang telah dibuat Ngatimin, mulai dari figura, hiasan dinding, cermin, tempat tissue, tempat payung, gantungan kunci, kaligrafi, tempat lampu, dan produk furniture.

"Kalau kualitas yang bagus itu jati dan mahoni, limbah sendiri bisa diambil dari hutan seperti ranting pohon atau tunggak yang tidak dipakai dan limbah dari penggeraji sisa-sisa dari potongan kayu,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved