Breaking News:

Guru Berkarya

Menerapkan Quantum Writing dalam Belajar Surat Lamaran Pekerjaan

Kondisi pandemi Covid 19 yang masih belum reda menuntut pembelajaran berlangsung secara daring dan tatap muka secara terbatas.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Dra Sunarmi, Guru SMKN 1 Pemalang 

Oleh: Dra Sunarmi, Guru SMKN 1 Pemalang

KONDISI pandemi Covid-19 yang masih belum reda menuntut pembelajaran berlangsung secara daring dan tatap muka secara terbatas. Sesuai dengan surat edaran Kemndikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid 19 lebih memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan sebagai salah satu upaya untuk tetap mewujudkan tujuan pendidikan di Indonesia di tengah pandemi covid-19. Pademi Covid-19 ini membuat sistem pembelajaran di sekolah dipaksa berubah secara drastis dari pertemuan tatap muka menjadi pembelajaran secara online. Menurut Atmazaki (2009:86) pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.

Kondisi dimasa pandemi ini menuntut guru untuk bisa memanfaatkan aplikasi pembelajaran daring baik sincronus maupun a sincronous seperti : Zoom, Google meet, Google classroom serta aplikasi media sosial yang banyak digunakan siswa diantaranya WhatsApp dan youtube. Aktivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Pemalang dilakukan dengan cara membentuk grup kelas pembelajaran daring atau virtual. Dengan terbentuknya grup pembelajaran daring tiap kelas, diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Salah satu Materi Bahasa Indonesia kelas XII pada KD 4.2 adalah Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan. Dalam penyampaian materi ini dibutuhkan metode pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik tidak merasan jenuh dan bosan dalam mengikuti aktivitas pembelajaran secara daring.

Menurut Hernowo (2003: 10) Quantum Writing adalah interaksi dalam proses belajar niscya mampu mengubah potensi menulis yang ada didalam diri manusia menjadi ledakan atau gairah yang dapat ditularkan kepada orang lain. Adapun langkah langkah pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut : Pertama, Persiapan yaitu pengelompokan (clustering) menentukan jenis surat khususnya surat lamaran pekerjaan yang dilakukan secara daring menggunakan platform pembelajaran seperti: Google meet, zoom, Microsoft teams dan sebagainya. Kedua, Draft Kasar. Pada tahap ini mulai menekuni dan mengembangkan gagasan. Pusatkan dulu pada isi surat lamaran pekerjaan sebelum melangkah ke tata bahasa atau ejaan. Ketiga Berbagi, yaitu bagian proses ini sebagai penulis kita merasa sangat dekat dengan tulisan kita sehingga sulit bagi kita untuk menilai secara objektif. Untuk mengambil jarak dengan tulisan maka perlu meminta orang lain dan memberi umpan balik. (saling bertukar hasil tulisan). Keempat Memperbaiki (Revisi), pada tahap ini setelah mendapat umpan balik tentang tulisan. Kelima, Penyuntingan. Pada tahap ini perbaikilah semua kesalahan isi, diksi, kalimat, paragraf, dan ejaan. Keenam, penulisan Kembali. Pada tahap ini tulis kembali dan masukan isi yang baru dan perubahan penyuntingan, Ketuju, Evaluasi. Pada tahap ini, guru dan peserta didik melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran bersama dan diakhiri dengan penarikan simpulan pembelajaran terkait surat lamaran pekerjaan.

Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran Quantum Writing pada kelas XII SMK Negeri 1 Pemalang dapat mengaktifkan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Siswa tidak hanya mampu menganalisis isi surat lamaran pekerjaan , namun siswa juga dapat menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik. Dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari 73,2% meningkat menjadi 80%, dengan demikian indikator keberhasilan telah tercapai dengan baik. Aktivitas belajar mengajar menjadi lebih mudah dan bermakna karena siswa bisa memahami materi sendiri dengan cara menganalisis isi dan tata bahasa dalam surat lamaran pekerjaan serta mempraktikan apa yang didapat dalam bentuk tulisan. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved