Breaking News:

Berita Semarang

Ini Tiga Potensi Wisata di Tugu Semarang yang Bisa Dikunjungi, Dari Hutan Bakau sampai Tugu Kuno

Kecamatan Tugu, Kota Semarang menyimpan potensi wisata yang menarik, yaitu Candi Tugu, Wisata Hutan Mangrove, dan Pulau Tirang.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/EKA YULIANTI FAJLIN
Kecamatan Tugu, LPMK Tugurejo, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) melakukan One Day Tour sekaligus resik-resik di Candi Tugu, Jumat (19/11/2021) lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Kecamatan Tugu, Kota Semarang menyimpan potensi wisata yang menarik. Potensi tersebut tengah diangkat oleh pihak kecamatan, LPMK Tugurejo, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Camat Tugu, Kusnandir membeberkan, Kecamatan Tugu memiliki tiga surga wisata tersembunyi yakni Candi Tugu, Wisata Hutan Mangrove, dan Pulau Tirang.

Rencananya, tiga destinasi yang belum banyak dikenal luas oleh masyarakat tersebut akan digarap menjadi spot yang memilik daya tarik.

"Kemarin Jumat, kami melakukan pembuatan video One Day Tour di tiga objek itu sekaligus kerja bakti bersih-bersih kawasan candi. Kita sudah memiliki pokdarwis, nantinya akan kami kembangkan potensi yang ada," papar Kusnandir, Minggu (21/11/2021).

Baca juga: Karangan Bunga Membanjiri Rumah Duka Sertu Ari Baskoro di Kendal, TNI Gugur di Papua

Baca juga: Apresiasi Nasabah Setia, BPR BKK Purbalingga Bagikan Hadiah Tamades

Pengembangan yang akan dilakukan, lanjut dia, antara lain menambah ornamen, menciptakan spot yang menarik, serta melakukan pemasaran dengan pembuatan video.

Menurutnya, wisaya mangrove di Tugu memiliki potensi yang cukup besar.

Pokdarwis sudah menyusun paket wisata.

Mereka siap mengantarkan wisatawan menikmati Hutan Mangrove dan keindahan Pulau Tirang.

Di samping itu, ada banyak tambak yang bisa digunakan sebagai wisata pemancingan.

Pengembanggan lainnya, mendirikan pusat kuliner di tambak atau sawah karena Tugu juga memiliki area sawah yang bisa dibuat spot selfie serta kuliner.

"Nanti kami bisa menggandeng pihak swasta, misalnya di Candi Tugu dengan memasang umbul-umbul agar terkesan meriah dan ramai," ujarnya.

Senada, Ketua LPMK Tugurejo, Rofik menambahkan, tiga daya tarik wisata di wilayahnya punya potensi yang bisa dijual ke wisatawan dengan konsep edukasi.

Paket wisata dibuat One Day Tour ke tiga destinasi.

Baca juga: Pria Asal Palopo Gugat KFC Karena Burger yang Dipesan Tidak Sesuai Gambar di Iklan

Baca juga: Marcus/Kevin Gagal Quattrick Setelah Kalah Melawan Jepang, Merah Putih Puasa Gelar Indonesia Masters

Wisatawan bisa belajar sejarah di candi dan belajar penyelamatan kawasan pesisir di wisata mangrove.

"Misalnya, pembibitan mangrove, penanamannya, sampai tangkap ikan. Konsepnya lebih ke edukasi, sebelumnya sudah kami rintis. Alhamdulillah, ini dapat dukungan  penuh dari Pak Camat," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved