Breaking News:

Berita Batang

Masih Dalam Situasi Pandemi, Pemkab Batang Usulkan UMK 2022 Naik 0,16 Persen

Pemkab Batang telah mengusulkan kenaikan UMK Batang 2022 kepada Gubernur Ganjar Pranowo.

Penulis: dina indriani | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Dina Indriani
Kepala Disnaker Kabupaten Batang, Suprapto 

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Pemerintah Kabupaten Batang telah mengusulkan kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Batang 2022 kepada Gubernur Ganjar Pranowo.

Kepala Disnaker Kabupaten Batang, Suprapto menyampaikan pihaknya mengusulkan UMK 2022 sebesar Rp 2.132.535,02 atau naik 0,16 persen dari Rp 2.129.117.

"Usulan kenaikan UMK 2022 sebesar 0,16 persen ini merupakan hasil dari kesepakatan sejumlah pihak, mulai dari dewan pengupahan, Badan Pusat Statiatik (BPS) akademis, pakar dan instansi Kabupaten Batang serta unsur asosiasi pengusaha maupun unsur pekerja yang digelar di Disnaker beberapa waktu lalu," terangnya, Minggu (21/11/2021).

Selain itu, lanjut dua usulan juga berdasarkan PP 36/2021 yang telah dirumuskan sehingga ditentukanlah jumlah tersebut.

"Perhitungan dari pemerintah itu berdasarkan PP 36/2021, yang mana menjelaskan rumusannya, kami tinggal memasukan saja, ada kenaikan 0,16 persen," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji menambahkan semua pihak dari pekerja, pengusaha dan Pemkab sudah sama-sama mengerti jika memang kondisi saat ini masih dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi.

"Saya rasa semua sudah saling mengerti dan memahami dengan kondisi saat ini yang masih dalam pemulihan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19, sehingga saat rapat kesepakatanpun berjalan dengan baik," ujarnya.

Menurutnya, keputusan usulan kenaikan UMK 2021 tersebut merupakan keputusan terbaik yang terpenting dimasa pandemi ini adalah semua sehat, aman dan nyaman.

"Keputusan yang sudah disepakati bersama sudah sesuatu yang terbaik untuk semua pihak," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved