Breaking News:

Surplus NPI Dorong IHSG Sentuh Level Tertinggi

NPI pada kuartal III/2021 tercatat surplus 10,7 miliar dollar AS setelah mengalami defisit 0,4 miliar dolar AS pada kuartal sebelumnya.

Editor: Vito
Kontan/Cheppy A Muchlis
ILUSTRASI. Bursa Efek Indonesia 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Analis pasar modal, Hans Kwee mengatakan, surplus terhadap Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) berhasil mengangkat Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG ke level tertinggi yang pernah ada.

NPI pada kuartal III/2021 tercatat surplus 10,7 miliar dollar AS setelah mengalami defisit 0,4 miliar dolar AS pada kuartal sebelumnya.

"Surplus NPI tersebut ditopang oleh transaksi berjalan yang mencatat surplus, serta surplus transaksi modal dan finansial makin meningkat," ujarnya, melalui risetnya, Minggu (21/11).

Sementara, posisi cadangan devisa pada akhir September 2021 mencapai 146,9 miliar dollar AS, atau lebih tinggi dibandingkan dengan 137,1 miliar dollar AS pada akhir Juni 2021.

Hans menyampaikan, transaksi berjalan pada kuartal III/2021 juga mencatat surplus sebesar 4,5 miliar dollar AS, atau 1,5 persen PDB setelah kuartal sebelumnya defisit 2 miliar dollar AS, atau 0,7 persen PDB.

Kinerja positif tersebut terutama dikontribusikan oleh surplus neraca barang yang makin meningkat, didukung kenaikan ekspor nonmigas.

Hans menilai, kenaikan IHSG di sepanjang pekan lalu hingga sempat menyentuh 6.700 juga terjadi karena dorongan kenaikan sejumlah harga komoditas ekspor.

"Hal ini sejalan dengan masih kuatnya permintaan dari negara mitra dagang, dan berlanjutnya kenaikan harga komoditas ekspor utama di pasar internasional," jelasnya.

Adapun, data perdagangan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali menunjukkan indikator positif selama periode sepekan lalu, yakni sepanjang 15-19 November 2021.

Sekretaris Perusahaan BEI, Yulianto Aji Sadono menuturkan, IHSG pada perdagangan akhir pekan lalu ditutup pada zona hijau. 

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved