Breaking News:

Gaikindo Sebut GIIAS 2021 Jadi Pendorong Pemulihan Industri Otomotif Nasional

faktanya ternyata penjualan mobil di GIIAS 2021 cukup bikin surprise. antusiasme masyarakat selama penyelenggaraan GIIAS 2021 cukup tinggi.

Editor: Vito
KOMPAS.COM/DIO DANANJAYA
Pengunjung memadati arena pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Tangerang. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Ajang pameran otomotif, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 telah berakhir. Keberadaan GIIAS 2021 dinilai mampu memicu pemulihan industri otomotif di tengah pandemi covid-19.

Meski demikian, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) belum meresmikan laporan terkait jumlah pengunjung dan nilai transaksi yang terjadi dalam gelaran GIIAS pada 11- 21 November 2021 lalu, di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Tangerang.

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto mengatakan, walau belum ada laporan khusus, pihaknya menilai pameran berlangsung lancar dan berharap tahun depan penyelenggaraan acara bisa lebih meriah lagi.

"GIIAS baru berakhir malam kemarin (Minggu malam-Red), belum ada laporan mengenai jumlah pengunjung, transaksi, unit terjual, dan lainnya. Namun kami semua berharap agar GIIAS 2022 akan berjalan sesuai rencana dan lebih meriah lagi," ujarnya, kepada Kontan, Senin (22/11).

Dalam GIIAS 2021, terdapat 21 mobil listrik yang dipamerkan oleh para Agen Pemegang Merek (APM). Selain itu, terdapat 16 mobil baru yang diluncurkan saat GIIAS 2021 baik bersifat Indonesia Premiere maupun World Premiere. Adapula lima mobil konsep yang mejeng di ajang pameran tersebut.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, fokus GIIAS sebagai ajang memperkenalkan berbagai teknologi dan inovasi di sektor otomotif. Hal ini yang membuat Gaikindo tidak memasang target khusus terkait penjualan mobil dari ajang pameran tersebut.

“Kami tidak menetapkan penjualan sebagai target. Walau begitu, faktanya ternyata penjualan mobil di GIIAS 2021 cukup bikin surprise. Bahkan, sudah ada produk yang inden lebih lama,” terang Rizwan Alamsyah, Ketua III Gaikindo, sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2021.

Ia menilai, antusiasme masyarakat selama penyelenggaraan GIIAS 2021 cukup tinggi. Padahal, beberapa waktu sebelumnya, GIIAS 2021 sempat hanya diizinkan diikuti pengunjung sebanyak 25 persen dari total kapasitas venue, lantaran wilayah Tangerang masih menerapkan PPKM Level 3.

Kemudian, saat PPKM turun ke level 1, GIIAS 2021 akhirnya diizinkan dapat diikuti pengunjung sebanyak 75 persen dari total kapasitas.

Meski tidak disebut secara rinci, Rizwan mengaku, jumlah pengunjung GIIAS 2021 selalu mengalami kenaikan dari hari ke hari. Kenaikan jumlah pengunjung itu turut memicu lonjakan penjualan mobil di GIIAS 2021.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved