Breaking News:

Berita Olahraga

MotoGP 5 Kali Lebih Besar dari WSBK, Ini Evaluasi untuk Sirkuit Mandalika

Persoalan genangan air itu harus mampu ditangani dengan baik, karena Sirkuit Mandalika tengah bersiap menjadi tuan rumah MotoGP, 5 kali lebih besar

Editor: m nur huda
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto udara ornamen Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Ajang World Super Bike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja selesai digelar.

Tim Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) pun menyampaikan sejumlah catatan evaluasi sirkuit Mandalika.

Salah satunya adalah infrastruktur drainase yang tidak mampu menampung air secara optimal akibat curah hujan tinggi.

“Air menggenang di beberapa titik, namun bukan di lokasi yang vital yang dapat mengganggu jalannya pertandingan,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Albertien Pirade dalam siaran persnya, dikutip Senin (22/11/2021).

Namun hal itu segera ditangani dengan adanya pompa PLN yang bisa menyedot air sehingga genangan air tidak mengganggu pasokan listrik.

“Kami melakukan verifikasi lapangan di posko PLN dan melihat sejauh ini PLN sudah menyiapkan pompa menyedot air sehingga asupan listrik tidak akan terganggu," ujar Albertien.

Menurut KSP, persoalan genangan air itu harus mampu ditangani dengan baik, karena Sirkuit Mandalika tengah bersiap menjadi tuan rumah MotoGP. Acara tersebut 5 kali lebih besar dari WSBK.

Tapi secara keseluruhan, Sirkuit Mandalika telah sukses menjadi tempat penyelenggaraan WSBK.

"Kami melihat event ini berhasil sesuai target pemerintah, penonton mencapai target 25.000 orang. Namun, untuk event yang lebih besar seperti MotoGP, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Dengan waktu persiapan yang singkat selama 3 bulan, KSP akan mendukung penuh proses perbaikannya," tutur Albertien.

Rencananya, MotoGP akan digelar di Mandalika pada Maret 2022. Penyelenggara WSBK dan MotoGP, DORNA Sport, kemarin juga sudah ikut meninjau Sirkuit Mandalika.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved