Breaking News:

Berita Purbalingga

Tingkatkan Pengetahuan dan Keterampilan, PMI Purbalingga Cetak 27 Relawan Baru

Pengurus PMI Purbalingga Bidang Penanggulangan Bencana, Priyo Satmoko, mengatakan, pendidikan dan pelatihan KSR diperlukan sebagai syarat calon anggot

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: m nur huda
TRIBUNBANYUMAS/Ist humas Pemkab Purbalingga. 
Relawan yang tergabung dalam Korps Sukarela saat mengikuti pendidikan dan latihan (Diksar) di Markas Kodim 0702 Purbalingga, 18 – 20 November 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga mencetak 27 relawan baru. 

Relawan yang tergabung dalam Korps Sukarela (KSR) PMI ini terdiri dari 14 putra dan 13 putri.

Sebelumnya mereka telah mengikuti pendidikan dan latihan (Diksar) di Markas Kodim 0702 Purbalingga, 18 - 20 November 2021.

Pengurus PMI Purbalingga Bidang Penanggulangan Bencana, Priyo Satmoko, mengatakan, pendidikan dan pelatihan KSR diperlukan sebagai syarat calon anggota baru. 

Sekaligus juga untuk meningkatkan kapasitas relawan PMI yang nantinya dapat diandalkan dalam melaksanakan tugas pelayanan Kepalangmerahan kepada masyarakat.

Diksar yang telah dilakukan dimaksudkan menambah jumlah dan kekuatan anggota relawan PMI yang memenuhi standar minimal guna menjadi anggota KSR PMI.

"Sekaligus meningkatkan keterampilan serta pengetahuan anggota KSR PMI dalam hal pertolongan dan penanggulangan bencana alam kata Priyo Satmoko, saat penutupan kegiatan di Makodim 0702 Purbalingga, Sabtu (20/11/2021) sore.

Dijelaskan Priyo, peserta Diksar merupakan pemuda dan pemudi yang berusia antara 18-35 tahun dan telah mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota KSR. 

Jumlah pendaftar awal sebanyak 29 orang, namun dua peserta semuanya putrid dinyatakan gagal karena sakit. 

"Para pelatih berasal dari pengurus PMI, Staf Markas PMI dan KSR, Tenaga Sukarela (TSR) yang telah mengikuti Pendidikan dan pelatihan di PMI Daerah Jateng, dan dari anggota Kodim 0702 Purbalingga," kata Priyo yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purbalingga, dalam rilis kepada Tribunbanyumas.com.

Materi yang diberikan, lanjut Priyo, meliputi pemahaman visi misi PMI, kesiapsiagaan penanganan bencana alam, shelter dan dapur umum, mars dan hymne PMI, kepemimpinan, simulasi, kegiatan mental spiritual, outbound, olahraga persahabatan, ibadah keagamaan, dan game kepemimpinan. 

"Sebanyak 27 peserta dinyatakan berhak menyandang sebagai anggota KSR PMI Purbalingga dan ditandai dengan penyiraman air bunga serta pemakaian rompi PMI," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua PMI Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, yang diwakili Ketua Harian Drg Hanung Wikantono, melihat antusias dan semangat para calon anggota KSR PMI yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan, membuktikan bahwa masih banyak generasi milenial di Kabupaten Purbalingga yang peduli akan nilai – nilai kemanusiaan.

"Mudah-mudahan semangat dan jiwa kemanusiaan yang dimiliki oleh para anggota KSR PMI dapat menjadi contoh dan membuka hati masyarakat luas untuk semakin lebih peduli terhadap sosial kemanusiaan di lingkungan sekitar," terangnya. (Tribunbanyumas/jti) 

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved