Breaking News:

Berita Semarang

25 Museum di Indonesia Paparkan Koleksinya dalam Pameran Bersama Virtual

Untuk lebih mudah mengenalkan koleksi benda di museum selama masa pandemi, Museum Ranggawarsita Semarang mengelar Pameran Bersama Virtual.

Penulis: faisal affan | Editor: moh anhar
TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN
Kepala Museum Ranggawarsita Djoko N Witjaksono (baju merah) dan Kepala BPTIK Dikbud Jateng (baju hijau) Siswanto saat melakukan pembukaan Pameran Bersama Virtual di BPTIK Dikbud Jateng, Selasa (23/11/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Untuk lebih mudah mengenalkan koleksi berbagai benda yang ada di museum selama masa pandemi, Museum Ranggawarsita Semarang mencoba menyelenggarakan Pameran Bersama Virtual.

Pameran Bersama Virtual yang dilaksanakan mulai tanggal 23 November 2021 hingga 23 November 2022 ini, menyajikan banyak koleksi dari 25 museum yang tersebar di Pulau Jawa.

Tak terkecuali koleksi dari Museum Nasional.

Baca juga: Inilah Sosok Anggita Pasaribu Rindu Wanita Pemaki Anggota DPR dan Ibunya, Istri Brigjen TNI Zamroni

Museum yang ikut serta dalam Pameran Bersama Virtual ini di antaranya Museum Ranggawarsita, Museum Nasional Jakarta, Museum Mpu Tantular Jawa Timur, Museum Sribaduga Bandung, Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Museum Sandi Yogyakarta, Museum Wayang Kekayon Yogyakarta, Museum UNS Solo, Museum Kamar Pengabdian Diponegoro Magelang.

Museum Sudirman Magelang, Museum Salatiga, Museum Sugarda Purbalingga, Museum Wayang Banyumas, Museum Sekolah Slawi, Museum Masjid Agung Demak, Museum Penerangan TMII Jakarta, Museum Gatot Soebroto Ungaran, Museum Lawang Sewu Semarang, Rumah Artefak Blora, Museum Lokal Purwodadi, Museum Soesilo Soedarman Cilacap, Museum Tosan Aji Purworejo, Museum Wayang Beber Sekrtaji Yogyakarta, Rumah Atsiri Karanganyar.

Kepala Museum Ronggowarsito, Djoko N Witjaksono, mengatakan tujuan penyelenggaraan Pameran Bersama Virtual ini untuk menjalankan amanah PP no 66 Tahun 2015 tentang tugas museum.

"Museum itu punya tugas untuk melestarikan koleksi, sehingga supaya bisa dinikmati anak cucu kita. Selain itu, museum juga harus mengkomunikasikan koleksinya. Sekalipun punya koleksi yang banyak tapi tidak dipamerkan juga percuma," terangnya.

Jika sebelumnya untuk menikmati berbagai koleksi benda perlu datang ke sebuah museum, kini cukup dengan menggunakan gawai.

"Masyarakat cukup mengunjungi situs www.pameranbersamavirtual.id. Sambil santai di rumah bisa sekaligus belajar. Di situs tersebut terpampang berbagai koleksi tiap museum lengkap dengan video. Terutama 10 koleksi yang diunggulkan di tiap museum," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved