Breaking News:

Nerita Semarang

Ini Skenario yang Disiapkan RSUD Wongsonegoro Jika Terjadi Ledakan Kasus Covid-19 Gelombang Tiga

RSUD Wongsonegoro Semarang telah mempersiapkan skenario jika terjadi ledakan kasus Covid-19 gelombang tiga.

TribunJateng.com/Eka Yulianti Fajlin
Direktur RSUD Wongsonegoro, Susi Herawati 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - RSUD Wongsonegoro Semarang telah mempersiapkan skenario jika terjadi ledakan kasus Covid-19 gelombang tiga.

Direktur RSUD Wongsonegoro, Susi Herawati memaparkan, ketersediaan obat, sumber daya manusia (SDM), dan sarana prasarana sudah jauh lebih siap dibanding adanya ledakan kasus gelombang dua beberapa waktu lalu. Namun demikian, dia berharap ledakan kasus tidak terjadi kembali.

Saat ini, beberapa ruang yang semula menjadi tempat isolasi memang sudah difungsikan kembali menjadi ruang rawat inap biasa. Jika terjadi lonjakan kasus, pihaknya telah mempunyai skenario mengubah kembali menjadi ruang isolasi. Pasien umum akan dikelompokkan di tempat terpisah dengan kawasan isolasi.

"Misal ada lonjakakan, yang Gedung Nakula langsung kami pakai, ada 120 tempat tidur. Letaknya di belakang jadi terisolasi. Skenarionya tidak lagi gugup karena kami sudah berpengalaman kemarin," terang Susi, Selasa (23/11/2021).

Di RSUD Wongsonegoro, sambung dia, sudah tidak ada pasien Covid-19 sejak Agustus lalu. Saat ini, ada 90 tempat tidur isolasi yang kosong. Jika terjadi lonjakan, RSUD mampu menambah tempat tidur isolasi menjadi 450 tempat tidur isolasi.

Dari sisi SDM, menurutnya, para tenaga kesehatan selalu waspada. Para petugas sudah terlatih melakukan penanganan pasien Covid-19. Ada 102 dokter dan 467 perawat yang terlatih melayani pasien Covid-19. RSUD juga telah menambah pelatihan softskill kepada mereka.

"Alat pelindung diri (APD) yang kemarin masih sisa bisa kami manfaatkan apabila terjadi lonjakan kasus," tambahnya. (eyf)

Baca juga: Reaksi PT Pertamina Soal Toilet Berbayar di SPBU

Baca juga: Lirik Lagu dan Chord Gitar Kau Anggap Aku Apa Ungu

Baca juga: Nila bengok-bengok Lihat 3 Bocah Ketiban Puing Rumah, Kulit Kaki dan Punggung Robek Harus Dijahit

Baca juga: Ancaman R Wanita Cantik Anak Jenderal TNI ke Anggota DPR Arteria, Catut Nama Megawati Ketum PDIP

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved