Breaking News:

Berita Olahraga

Luhut Sebut Kualitas Aspal Sirkuit Mandalika Sudah Melebihi Standar untuk Formula 1

Menko Marves RI Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan Sirkuit Mandalika sudah layak jika dijadikan arena Formula 1.

Editor: m nur huda
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Foto udara ornamen Sirkuit Mandalika atau nama resminya Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (5/11/2021). Pengecatan sudut trek, kerb dan tepian trek sirkuit Mandalika menggunakan tiga warna penting yakni warna merah putih yang menandakan kerb yang berfungsi sebagai pemandu pembalap di lintasan dan warna hijau yang merupakan track limit atau pembatas trek yang ketika pembalap menyentuh garis tersebut akan dikenakan penalti. 

TRIBUNJATENG.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves RI), Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan Sirkuit Mandalika sudah layak jika dijadikan arena Formula 1.

Menurutnya, hal itu memungkinkan mengingat kualitas Sirkuit Mandalika sudah jauh di atas kebutuhan.

Ia mengungkapkan, Sirkuit Mandalika sudah memenuhi ekspektasi menggelar lomba adu cepat jet darat tersebut.

"Standar kualitas aspal dari event Formula 1 itu tidak perlu seperti ini. Ini sudah melebihi (standar) Formula 1," jelas Luhut.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengungkapkan, Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) diusulkan dapat menjadi tuan rumah Formula 1 (F1) setelah sukses menyelenggarakan World Superbike (WSBK) Mandalika 2021.

Menurut Andre Rosiade, Sirkuit Mandalika telah memiliki sejumlah fasilitas yang memadai untuk menjadi tuan rumah kompetisi balap mobil bergengsi tersebut.

"Peluang F1 ini besar, karena fasilitas sirkuit Mandalika yang sudah sesuai untuk F1. Tinggal diutambahkan fasilitas penerangan dan sistem sinyal elektroniknya saja," kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (22/11/2021).

Politikus Partai Gerindra itu menegaskan, usulan agar Mandalika menggelar F1 bukan sekadar untuk gaya-gayaan, apalagi membuang-buang uang.

Ia yakin, penyelenggaraan F1 di Mandalika dapat membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Usulan ini tidak muluk-muluk dan kami rasa layak untuk dipertimbangkan karena akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Malaysia dan Singapura saja bisa, tentu harapan kita semua Indonesia juga bisa,” kata Andre.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved