Breaking News:

Guru Berkarya

Menerapkan LSQ Mempermudah Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat

Matematika adalah dasar ilmu yang sangat penting dalam kehidupan yang di pelajari di sekolah.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Khutarti SPdSD, Guru SDN Jetaklengkong Kec Wonopringgo Kab Pekalongan 

Oleh: Khutarti SPdSD, Guru SDN Jetaklengkong Kec Wonopringgo Kab Pekalongan

MATEMATIKA adalah dasar ilmu yang sangat penting dalam kehidupan yang dipelajari di sekolah. Matematika merupakan satu-satunya bidang studi yang dipelajari di semua jenjang pendidikan mulai pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar hingga jenjang perguruan tinggi.

Matematika sangat erat kaitannya dengan angka, simbol, dan perhitungan. Proses pembelajaran matematika di sekolah memiliki tujuan membantu peserta didik memecahkan masalah dan mempermudah penyelesaian dalam kehidupan sehari-hari yang bersentuhan dengan angka, simbol dan perhitungan.

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang konsep dasarnya harus dipahami betul oleh peserta didik dengan bantuan penguatan konsep dan bimbingan dari guru. Guru harus aktif dalam membuat inonasi dalam pembelajaran matematika.

Pada kenyataannya, matematika masih menjadi mata pelajaran yang tidak disukai oleh peserta didik. Matematika masih dianggap mata pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar peserta didik. Hal itu bisa terjadi karena penyajian materi dalam pembelajaran kurang menarik perhatian peserta didik.

Kurangnya variasi dalam proses pembelajaran sehingga membuat peserta didik bosan seperti yang terjadi di SDN Jetaklengkong Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Salah satu cara untuk membuat peserta didik tertarik mengikuti pelajaran matematika adalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Pemilihan metode yang tepat akan berdampak kepada suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga motivasi dan minat peserta didik akan muncul dengan sendirinya.

Motivasi dan minat peserta didik untuk belajar materi matematika khususnya materi kelas enam tentang operasi hitung bilangan bulat akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pemahaman yang utuh dan didapat dengan cara yang menyenangkan akan membuat pembelajaran menjadi bermakna.

Terkait dengan itu perlu inovasi agar dapat menarik perhatian peserta didik sehingga mau dan senang dengan pelajaran ini. Baik dalam penyampaian materi pelajaran maupun metode yang digunakan serta alat atau media yang dipakai.

Guru diharapkan mampu memancing peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. peserta didik dilibatkan dalam setiap tahapan pembelajaran. hal ini dilaksanakan agar peserta didik merasakan perhatian dari guru sebagai pendidik.

Salah satu metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran adalah Learning Start with A Question (LSQ). LSQ merupakan salah satu metode pembelajaran sebagai acuan yang bisa digunakan untuk merangsang peserta didik memiliki motivasi dan minat pembelajaran matematika.

Hamruni (2009:276) menerangkan LSQ adalah suatu metode pembelajaran dimana proses belajar sesuatu yang baru akan lebih efektif jika peserta didik aktif dalam bertanya sebelum mereka mendapatkan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari dari guru sebagi pengajar. Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dengan metode LSQ dimulai guru memilih bahan bacaan yang sesuai kemudian dibagikan ke peserta didik.

Guru meminta peserta didik untuk mempelajari bacaan sendirian atau dengan temen sebangku. Langkah selanjutnya, guru menghimbau kepada peserta didik untuk memberi tanda pada bagian yang tidak dipahami. Guru memberikan batas minimal penandaan agar proses pemahaman berjalan maksimal.

Masing-masing pasangan dari peserta didik digabungkan dengan pasangan yang lain kemudian membahas poin-poin yang tidak diketahui yang tidak diberi tanda. Peserta didik diusahakan menuliskan pertanyaan tentang materi yang sedang dibahas.

Pada akhir pembelajaran guru menjawab semua pertanyaan dan menjelaskannya secara rinci. Penerapan metode pembelajaran ini ternyata sangat efektif. Motivasi dan minat peserta didik mengikuti pembelajaran sangat tinggi. Hal ini nampak dari beberapa pertanyaan yang telah diajukan dalam proses pembelajaran. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved