Breaking News:

Menperin Target Kontribusi Industri Capai 18% di 2021

kontribusi sektor industri pengolahan nonmigas terhadap PDB nasional mencapai 17,33 persen, atau lebih tinggi dibandingkan dengan sektor ekonomi lain.

Editor: Vito
TRIBUNNEWS / HERUDIN
Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas akan mendekati atau mencapai target sebesar 4 persen pada akhir 2021.

Hal itu bersamaan dengan kinerjanya yang terus menunjukkan tren positif sepanjang tahun ini.

"Sepanjang 2021, kami menargetkan kontribusi industri pengolahan nonmigas sebesar 18 persen (terhadap PDB-Red), dan kontribusi ekspor dari produk industri sebesar 75 persen," kata Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam Economic Outlook 2022 bertajuk 'Mendorong Hilirisasi dan Industri Berorientasi Ekspor', Selasa (23/11).

Seiring dengan pulihnya perekonomian nasional, menurut dia, kinerja sektor industri manufaktur juga diproyeksi meningkat pada 2022.

"Ada beberapa indikator kunci sektor industri pada triwulan III/2021 yang memperlihatkan kemajuan cukup signifikan," ungkapnya.

Agus menyebut, indikator gemilang itu di antaranya pertumbuhan sektor industri yang tercatat sebesar 4,12 persen, atau lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,51 persen.

Indikator berikutnya, dia menambahkan, kontribusi sektor industri pengolahan nonmigas terhadap PDB nasional mencapai 17,33 persen, atau lebih tinggi dibandingkan dengan sektor ekonomi lain.

Selain itu, nilai investasi sektor industri pada Januari-September 2021 tercatat sebesar Rp 236,79 triliun.

"Indikator lainnya adalah PMI Manufaktur Indonesia yang mencapai 57,2 pada Oktober 2021. Nilai ini adalah tertinggi dalam sejarah bagi Indonesia," jelas Menperin.

Bahkan, Agus menyatakan, sektor industri konsisten menjadi kontributor terbesar bagi pencapaian nilai ekspor nasional.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved