Breaking News:

Guru Berkarya

Harmonisasi Pendidikan Karakter melalui Transformasi Guru Berkarakter

Penguatan Pendidikan Karakter sebuah program pemerintah yang diterapkan pada semua jenjang pendidikan menjadi gerakan nasional.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Iis Risnawati SPd, Guru SMKN 1 Tambun Utara 

Oleh: Iis Risnawati SPd, Guru SMKN 1 Tambun Utara

PENGUATAN Pendidikan Karakter sebuah program pemerintah yang diterapkan pada semua jenjang pendidikan menjadi gerakan nasional  tertuang dalam Rencana Aksi Nasional yang digalakan kembali secara berkesinambungan. Penguatan Pendidikan Karakter sebagai upaya  untuk membentuk generasi penerus bangsa berkarakter untuk mengkokohkan moral, yang menjadi masalah sosial dan terus menggerogoti perilaku peserta didik.

Pendidikan karakter merupakan usaha sadar yang terencana dan terarah melalui lingkungan pembelajaran untuk tumbuh seluruh potensi manusia yang memiliki watak kepribadian yang baik , bermoral, berakhlak dan berefek positif konstruktif pada alam dan masyarakat (Kaimuddin, 2014). Pendidikan karakter sebagai salah satu Gerakan Revolusi Mental yang bertujuan membentuk kepribadian peserta didik , melalui serangkaian sikap, perilaku,  yang etis dan bermoral.

Dalam kenyataannya penerapan pendidikan karakter yang belum maksimal, digalakkan secara bertahap dan berkesinambungan sebagai komitmen suatu usaha penguatan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan SMKN 1 Tambun Utara. Ada tekanan yang cukup kuat bagi guru bagaimana mengelola perilaku peserta didik, ide-ide yang mendorong kearah perilaku positif yang menjadi gambaran dalam mengubah sikap brilian.

Namun, ide-ide tersebut sering kali berbenturan dengan belum mumpuninya ketika guru harus menjadi kunci teladan, pemahaman,pengetahuan, keterampilan yang mengacu pada serangkaian sikap peserta didik sebagai manifestasi nilai dan kapasitas moral. Hal tersebut sesuai dengan kaidah yang berlaku tetap berpedoman pada nilai-nilai moral dan membentuk kematangan moral peserta didik di SMKN 1 Tambun Utara.

Guru sebagai jantung  pemulihan pendidikan  dalam membangun strategi pembelajaran pendidikan karakter di sekolah, yang menjadi pusat perhatian  peserta didik dalam mengembangkan pendidikan karakter  tersebut. Masalah dunia pendidikan  tidak lepas dari nilsi-nilai sosial yang memiliki aturan dan norma, yang banyak memberikan pengaruh dalm pembentukan karakter peserta didik.  

Setiap guru pasti ingin lebih unggul dalam pembentukan karakter peserta didiknya, tetapi masih ada hal yang terabaikan bagaimana cara menarik perhatian peserta didik dan bagaimana meningkatkan keberhasilan pendidikan karakter melalui   “Harmonisasi Pendidikan Karakter melalui  Transformasi  Guru Berkarakter.” Pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru-guru yang memiliki karakter merupakan salah satu  kemampuan dalam menerapkan metode belajar memperkuat pembentukan karakter peserta didik.  Melalui pendekatan keilmuan mengembangkan  perilaku berkarakter, yang diterapkan pada  komitmen guru mengarah fokus membawa perilaku peserta didik dalam ranah pembelajaran.  

Guru Berkarakter  akan  menjadi teladan,  memiliki  komitmen moral yang tercermin dalam sikap dan tindakan  dalam membentuk karakter peserta didik yang baik. Guru yang menerapkan perilaku baik, moral yang baik  akan menjadi contoh pertama bagi peserta didik , yang secara keseluruhan harus dikembangkan  pada setiap  kompetensi dasar  khususnya mata pelajaran  PPKn.  Menjadi teladan yang melibatkan diri sendiri bagi seorang guru adalah hal terpenting dalam bidang pendidikan, sebagai system sosial seorang guru dalam mengukur tinggi rendahnya moral  upaya dalam penekanan pembentuk karakter peserta didik.

Membentuk identitas peserta didik sebagai  generasi penerus bangsa adalah tujuan utama,  guna mewujudkan indonesia sebagai bangsa berkatrakter, sesuai   falsafah  bangsa Indonesia yang berpedoman teguh pada Pancasila. Suksesnya pendidikan karakter dalam satuan pendidikan akan menjadi pengaruh besar terhadap budaya belajar, tingkat kedisplinan dan prestasi peserta didik.” Bergerak dengan Hati,Pulihkan Pendidikan”  sebagai Transfotmasi Guru dalam menyambut hari Guru Nasional 2021. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved